Tanpa Bibit, Buah dan Sayur Ini Bisa Kamu Budidaya di Halaman Rumah

Ilustrasi Daun Mint (Freepik)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Kamis, 29 Desember 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Memiliki nutrisi yang baik, buah dan sayur yang selama ini kamu makan sebenarnya bisa ditanam sendiri di halaman rumah. Bahkan, untuk beberapa tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus.

Jika kamu berminat ingin berkebun dirumah, kamu bisa memulainya dengan jenis tanaman yang mudah perawatannya. Bahkan tanaman ini tanpa bisa dibudidayakan tanpa membeli bibitnya.

Berikut 5 jenis tanaman buah dan sayur yang mudah dirawat di rumah tanpa bibit.

1. Mint

Mint termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh. Kamu bisa menanam batang dan daun mint yang kamu beli. Meskipun tanpa akar, dalam waktu singkat batangnya akan berubah menjadi tanaman hidup.

Yang penting tanah di dalam pot harus selalu basah. Mint butuh ruang yang luas untuk menyebar. Maka itu, tempatkan dalam pot yang cukup besar atau tanam di tanah dengan jarak yang cukup lebar dari tanaman lain. Tanaman mint juga bisa dijadikan pengharum alami. Cukup sentuh daunnya dan aroma segar mint akan terlepas ke udara.

2. Bit

Jika kamu membeli umbi bit, umumnya penjual akan menyertakan batang yang masih melekat. Nah, untuk menanamnya, kamu cukup memerlukan satu buahnya yang belum busuk pada tanah yang gembur.

Pastikan buah bit tertanam sepenuhnya di dalam tanah. Dalam waktu seminggu batang bit akan mulai mengeluarkan daun. Perlu kamu ingat, jika bit cocok ditanam di dataran tinggi yang berudara sejuk. Walaupun begitu perawatan tanamannya cukup mudah.

3. Melon

Melon bisa kamu tanam dari bijinya. Caranya, dengan merendam benih dalam air selama 3 jam. Ini akan membantu biji memunculkan kecambah. Setelah itu, masukkan biji dalam pot yang diisi pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:4. Kemudian tutup benih dengan tanah yang sudah dicampur sekam.

4. Cabai

Menanam cabai dari bijinya sedikit lebih mudah daripada menanam biji melon. Cukup sebar biji di atas tanah. Tutupi bagian atasnya dengan jerami kering agar biji tidak hanyut saat disiram. Sirami biji cabai dua kali sehari. Setelah biji mengeluarkan tunas atau kecambah, singkirkan jerami.

Baca Juga: Tanpa Bibit, Buah dan Sayur Ini Bisa Kamu Budidaya di Halaman Rumah
Tantangan Budidaya Cabai dan Cara Mengatasinya

5. Kurma

Siapa bilang menanam biji kurma sulit? tanaman ini memang butuh waktu lama untuk tumbuh, tetapi bukan berarti sulit. Kalau kamu punya sisa biji kurma, cukup tempatkan di atas tisu atau kapas basah yang ditempatkan di dalam gelas.

Media tanam agar-agar juga bisa digunakan. Tunggu sampai biji kurma mengeluarkan tunas, baru pindahkan ke pot atau tanah. Kurma membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Jadi, kamu harus bersabar sampai daunnya muncul ya Sobat Agri.