Simak, Begini Cara Mudah Menanam Kencur dengan Polybag

Ilustrasi daun kencur. (foter)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Minggu, 22 Januari 2023 | 22:00 WIB

Sariagri - Buat kamu yang hobi masak, tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan kencur. Rempah satu ini memang sudah terkenal pada masakan Indonesia.

Nah, untuk Sobat Agri yang ingin menanamnya langsung di rumah, kamu hanya membutuhkan tanah yang subur serta lingkungan yang terlindungi dari matahari langsung. Selain itu, bagi kamu yang tidak memiliki lahan yang luas, kamu juga bisa menanamnya di dalam polybag.

Baca Juga: Simak, Begini Cara Mudah Menanam Kencur dengan Polybag
Tips dan Trik Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan Tanpa Cahaya

Berikut langkah-langkah menanam kencur yang bisa kamu ikuti:

  • Siapkan rimpang yang sudah tua dan sehat. Kemudian, simpan di tempat yang sedikit gelap. Kamu bisa menaruhnya di dalam wadah tertutup, untuk pertumbuhan tunas. Setelah 1 hingga 2 minggu, tunas baru biasanya akan muncul.
  • Setelah pertumbuhan mata tunas mencapai sekitar 1 cm, bibit sudah siap ditanam.
  • Untuk kamu yang menanam di dalam polybag atau wadah, siapkan tanah yang subur, tekstur lempung hingga liat berpasir, tingkat keasaman (pH) 5.5 hingga 6.5, dan berdrainase baik.
  • Tanam rimpang dengan kedalaman sekitar 5 sampai 7 cm dengan tunas menghadap ke atas. Ingat, poisikan dengan benar, jika salah akan mempengaruhi pertumbuhannya.
  • Pada masa awal penanaman, kencur membutuhkan kelembaban yang cukup tinggi. Ia juga membutuhkan sedikit naungan, yaitu sekitar 25 hingga 30 persen, hingga tanaman berusia 6 bulan.
  • Setelah penanaman, lakukan beberapa proses pemeliharaan, seperti penyiangan, pemupukan tambahan jika diperlukan, dan pengendalian hama.
  • Tanaman kencur biasanya sudah dapat dipanen pada usia 8-12 bulan setelah tanam. Ini ditandai dengan daun yang mengering, menguning, atau terlihat mati. Cara memanennya, bongkar tanah untuk mengeluarkan rimpang dengan bantuan alat seperti sekop.

Menanam kencur membutuhkan proses yang mudah dan singkat. Untuk hasil yang memuaskan, sebaiknya mulai tanam kencur ketika memasuki musim hujan karena curah hujan yang cukup diperlukan untuk pertumbuhannya. Sedangkan pada musim kemarau, tanaman ini biasanya akan mati. Selamat mencoba!