Selain Cantik Mempesona, Kemuning Punya Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan

Ilustrasi tanaman kemuning (Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 18 Januari 2023 | 07:00 WIB

Sariagri - Kemuning, tanaman bernama latin Murraya paniculata ini dikenal dengan bunganya yang berwarna putih nan cantik, serta  aroma yang sangat harum menyegarkan.

Tanaman yang berasal dari India ini bukan saja dimanfaatkan untuk penghias halaman rumah, tetapi memiliki segudang manfaat kesehatan,  seperti anti rematik, anti radang, penenang, dan anestesia.

Daun kemuning mengandung eugenol, tanin, dan coumurrayin. Sedangkan bunganya mengandung scopoletin yang dipercaya sangat berkhasiat sebagai obat herbal.

Berikut sederet manfaat kemuning untuk kesehatan:

1. Mengobati batu ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas menyaring kotoran lalu kemudian membuangnya melalui urine. Jika fungsi ginjal terganggu atau mengalami penurunan maka akan menimbulkan komplikasi penyakit yang lain.

Meminum rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur dipercaya ampuh untuk mencegah penyakit pada ginjal. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa aktif yang ditemukan pada daun kemuning.

2. Menurunkan berat badan

Mempunyai tubuh langsing dan ideal memang menjadi dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Nah, ternyata kemuning dapat membantu untuk mewujudkannya loh Sobat Agri.

Caranya, cukup dengan mengambil daun kemuning dan daun mengkudu masing–masing satu genggam, lalu tambahkan temu ireng sebesar setengah jari kelingking. Tumbuklah ketiga bahan tersebut kemudian tambahkan secangkir air, kemudian minumlah ramuan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

3. Obat sakit gigi

Kulit dari batang kemuning juga mampu menyembuhkan sakit gigi. Caranya mudah, hanya dengan membakar kulit batang kemuning hingga keluar minyaknya, setelah itu teteskan minyak tersebut pada bagian gigi yang sakit.

4. Menghaluskan kulit

Selain untuk pengobatan, daun kemuning ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan yakni menghaluskan kulit wajah. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengambil beberapa lembar daun kemuning kemudian menumbuknya hingga halus dan digunakan sebagai masker wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kemuning sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

5. Mengobati luka

Daun kemuning ternyata berkhasiat menyembuhkan luka, kamu cukup mengambil beberapa daun kemuning kemudian menumbuknya hingga halus, setelah itu bubuhkan pada bagian luka. Kandungan zat adiktif yang terdapat pada daun kemuning bermanfaat dalam proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Selain Cantik Mempesona, Kemuning Punya Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan
Tak perlu Diragukan Lagi, Ini 6 Khasiat Tanaman Adas untuk Kesehatan

Meski banyak kebaikan dari kemuning yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, namun kamu juga harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Penggunaan yang secara terus menerus dan dalam waktu panjang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Penting juga untuk diketahui, bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak ada efek buruk yang ditimbulkan.