Jangan Dibuang, Air Rebusan Kentang Punya Manfaat Bikin Tanaman Tumbuh

Ilustrasi membuat susu kentang. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 17 Januari 2023 | 13:30 WIB

Sariagri - Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam jenis menu makanan. Misalnya seperti kentang balado, tambahan sayuran pada sayur sup, atau bisa juga dibuat kentang goreng untuk cemilan.

Selain itu, harga kentang relatif murah dan mudah didapatkan. Namun tahukah kamu, jika kamu sedang merebus kentang, air bekas rebusannya memiliki banyak kandungan yang baik untuk tanaman.

Perlu kamu ketahui, jika air rebusan kentang mengandung banyak senyawa alami yang bisa membantu pertumbuhan tanaman. Air rebusan kentang mengandung kalium, fosfor, magnesium, zat besi mangan, tembaga, dan juga vitamin. Kandungan tersebut dibutuhkan tanaman.

Akan tetapi, jika kamu ingin menggunakan air rebusan ini, tidak boleh mengandung garam. Hal tersebut dikarenakan kandungan garam justru membuat tanaman rusak.

Untuk tanamannya sendiri, kamu bisa memberikannya kepada tanaman dalam ruangan maupun tanaman luar ruangan, termasuk bunga, tanaman sayuran seperti bayam, tomat, dan lainnya.

Cara memberikan pada tanamannya pun cukup mudah, kamu hanya tinggal siram saja pada tanaman. Perlu diperhatikan juga bahwa air rebusan kentang untuk tanaman tidak boleh dalam keadaan panas.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Air Rebusan Kentang Punya Manfaat Bikin Tanaman Tumbuh
Tips Anti Ribet Memilih Bibit Tanaman Buah, Cocok Banget Buat Pemula

Siram tanaman dengan air rebusan kentang seperti kamu menyiram tanaman dengan air biasa. Ulangi proses penyiraman tanaman dengan air rebusan kentang setiap seminggu sekali.

Jika kamu memiliki banyak air rebusan kentang dan tidak habis dalam sekali pakai, kamu bisa menyimpannya di kantong plastik atau wadah lainnya, lalu taruh dalam freezer.

Ketika kamu hendak menggunakannya, kocok terlebih dahulu agar nutrisinya tercampur merata.