Awas! 5 Jenis Tanaman Ini Beracun dan Sangat Mematikan

Ilustrasi Daun Jelatang (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 23 Januari 2023 | 06:00 WIB

Sariagri - Selain membuat udara lebih sejuk, tanaman juga bisa mempercantik rumah. Bahkan bagi sebagian orang, merawat tanaman bisa menghilangkan kejenuhan sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Namun tahukah Sobat Agri, di balik ragam manfaatnya tersebut, ternyata ada juga sebagian tanaman yang justru membahayakan kesehatan. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa tanaman mematikan yang mengandung racun. 

1. Sandbox tree

Tumbuhan yang berasal dari hutan tropis amazon ini memiliki bentuk yang tidak lazim dan menyeramkan. Saking seramnya, tanaman satu ini sampai mendapat julukan pohon neraka.

Pohon yang memiliki nama latin Hura crepitans ini memiliki duri dan getah yang sangat beracun. Racun dari pohon ini bisa menyebabkan kebutaan bila terkena mata bahkan bisa mengakibatkan kematian bila tertelan.

Keunikan lainnya, buah dari pohon ini bila kering bisa meledak seperti dinamit. Perlu kamu ketahui, ledakan dari buahnya ini bisa melukai siapa saja yang ada didekatnya.

2. Namibian bottle tree

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki bentuk yang gembung membesar, lalu dipangkalnya mengecil ke atas seperti botol.

Tumbuhan yang bernama latin Pachypodium lealii ini berasal dari gurun namibia. Pada habitat aslinya, tumbuhan ini sering digunakan getahnya untuk membuat senjata maupun berburu. Hal ini disebabkan karena pohon ini memiliki getah yang bisa melumpuhkan hingga menyebabkan kematian.

3. Gympie gympie

Merupakan tumbuhan asli dari Australia, sekilas tumbuhan ini nampak seperti tumbuhan biasa. Namun siapa sangka, jika tumbuhan yang bernama latin Dendrocnide moroides ini memiliki racun neurotoxin yakni sama dengan racun yang dimiliki oleh ular cobra.

Racun yang dimiliki tumbuhan ini berasal dari ribuan rambut silica yang berada pada daunnya yang berbentuk hati, Jika tersentuh daunnya, racunnya akan menyebabkan alergi yang sangat hebat.

Setelah racun menyebar, tubuh terasa panas seperti terkena setrum dan tertimpa benda berat sekaligus. Bahkan efeknya bisa melemahkan saraf hingga berbulan bulan.

4. Pong pong tree

Tanaman yang tumbuh di Asia Selatan ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias. Meski memiliki bentuk yang unik, siapa sangka kalau tanaman dengan nama latin Cerbera odollam ini memiliki kandungan racun pada buah, daun, getah dan biji buahnya.

Bila dikonsumsi dampak yang ditimbulkan dari kandungan cerberin dan glikosida pada pohon ini akan menyebabkan kerja jantung menjadi melemah yang berujung pada kematian.

Baca Juga: Awas! 5 Jenis Tanaman Ini Beracun dan Sangat Mematikan
Simak, Begini Cara Mudah Menanam Kencur dengan Polybag

5. Jelatang

Tumbuhan yang ditemukan di seluruh Eurasia, Amerika Utara, Afrika utara, dan telah diperkenalkan ke beberapa bagian Amerika Selatan ini memiliki kandungan racun yang menimbulkan reaksi alergi dan sesak napas.

Meskipun hanya dengan tersentuh, tertusuk, tidak sengaja terhirup serbuk sarinya, atau hanya dengan henghirup asap dari pembakaran tanaman ini. Umumnya, alergi yang ditimbulkan, tubuh mulai terasa gatal, melepuh hingga mengancam nyawa.