Mudah Banget, Begini Cara Menanam Pohon Nilam di Rumah

Ilustrasi daun nilam (Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Selasa, 17 Januari 2023 | 07:00 WIB

Sariagri - Pohon nilam merupakan salah satu tanaman unggulan yang memiliki nilai ekspor tinggi. Pasalnya, tanaman ini dapat menghasilkan minyak nilam yang berasal dari daun, akar, batang, hingga rantingnya.

Minyak ini nantinya akan digunakan sebagai bahan campuran dalam produk kosmetik, parfum, aromaterapi, hingga obat-obatan seperti antiradang, dekongestan, dan obat jerawat. Selain untuk komersial, pohon nilam juga dapat ditanam sebagai bumbu dapur atau dijadikan tanaman hias.

Tanaman nilam adalah tanaman semak yang tidak berumur panjang, di mana umumnya hanya bertahan sekitar 2 hingga 3 tahun. Untuk tumbuh optimal, nilam membutuhkan penyinaran matahari yang merata ke seluruh bagian tanaman. Jadi, kamu bisa menanamnya di lahan yang luas dan terbuka.

Baca Juga: Mudah Banget, Begini Cara Menanam Pohon Nilam di Rumah
Miliki Aroma Khas, Begini 5 Cara Budidaya Durian Bawor

Selain itu, nilam juga dapat tumbuh diberbagai jenis tanah. Soal kebutuhan air, pohon nilam membutuhkan kondisi yang lembab, tetapi tidak basah karena rentan terhadap busuk akar.

Nah, melihat banyaknya peluang yang bisa didapat, tak ada salahnya untuk menanam pohon ini di pekarangan rumah. Berikut cara menanam pohon nilam.

  1. Siapkan biji nilam yang berkualitas baik. Namun, kamu perlu berhati-hati saat menangani biji tanaman nilam, sebab ia cukup rapuh dan mudah hancur.
  2. Siapkan media penyemaian dalam baki semai dari campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos.
  3. Sebarkan benih di atas media semai dan simpan di tempat yang teduh. Beri penyiraman untuk memberi kelembaban bibit.
  4. Selama masa penyemaian, pastikan lingkungan tumbuh tetap hangat, lembab, dan terhindar dari sinar matahari langsung untuk keberhasilan perkecambahan.
  5. Dalam beberapa minggu, bibit tanaman biasanya sudah tumbuh. Ketika bibit sudah tumbuh lebih kuat, pindahkan ke media tanam permanen secara hati-hati. Jangan sampai merusak akar yang baru tumbuh.
  6. Tanam bibit nilam dengan posisi agak miring atau sekitar 45 derajat, dengan kedalaman sekitar 10 cm.