4 Sayuran yang Sebaiknya Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Ilustrasi serangan jantung. (Foto Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Selasa, 24 Januari 2023 | 10:00 WIB

Sariagri - Orang yang menderita penyakit jantung harus memilih konsumsi makanan dengan tepat. Pasalnya, jika salah konsumsi berpotensi menyebabkan gangguan pada organ vital pemompa darah ini kembali kambuh.

Mengutip dari healthline, sayuran secara umum sangat penting untuk kesehatan jantung karena mengandung sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Meski begitu, tak semuanya sayuran baik untuk penderita jantung. Lantas, apa saja sayuran yang sebaiknya tidak dimakan penderita penyakit jantung?

1. Sayuran yang Digoreng

Sayuran yang digoreng bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik. Kolesterol yang terlalu banyak di dalam pembuluh darah bisa membentuk plak yang menghambat aliran darah. Beberapa contoh sayuran yang diolah dengan cara ini, termasuk kubis atau kol goreng, buncis goreng telur asin, hingga keripik dari sayuran seperti keripik bayam.

2. Sayuran dengan Kandungan Gas

Penderita penyakit jantung terutama jantung koroner disarankan untuk menghindari sayuran yang mengandung gas, seperti kol, lobak, dan nangka muda. Penyakit jantung koroner sendiri terjadi saat suplai darah ke jantung tersumbat atau terganggu oleh penumpukan zat lemak di arteri koroner.

Baca Juga: 4 Sayuran yang Sebaiknya Dihindari Penderita Penyakit Jantung
Mengenal Apa Itu Aquaponik, Budidaya Tanaman dan Ikan di Lahan Sempit

3. Sayuran yang Kaya Vitamin K

Beberapa sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik untuk melindungi pembuluh nadi atau arteri. Kendati demikian, vitamin satu ini juga perlu diwaspadai lantaran bisa menyebabkan pembekuan darah. Proses pembekuan darah terjadi akibat aktivasi sistem pembekuan darah yang membutuhkan vitamin K sebagai aktivatornya. Dengan begitu, keberadaan vitamin K bisa membantu terbentuknya pembekuan darah.

4. Sayuran yang Mengandung Tambahan Gula

Sayuran yang ditambahkan gula ke cita rasa masakan sebaiknya dihindari. Sebab, tambahan banyak gula pada sayuran juga menambah kadar kolesterol, salah satu pemicu penyakit jantung. Lantaran mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol, pembatasan sayuran manis amat dibutuhkan bagi orang dengan penyakit jantung.