Penelitian Ungkap Rutin Minum Jus Apel Mampu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi apel (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 25 Januari 2023 | 09:00 WIB

Sariagri - Jus apel merupakan salah satu minuman terbaik untuk membantu turunkan berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jus apel dapat melunturkan lemak perut yang baik untuk diet.

Melalui penelitian yang dipublikasi pada Journal of Oleo Science, peneliti menyebutkan bahwa jus apel dapat secara signifikan mengurangi lemak perut dalam hitungan minggu, seperti dikutip dari Food NDTV, selasa (24/1).

Kesimpulan tersebut diambil oleh peneliti setelah melakukan penelitian secara acak untuk memeriksa asupan jangka panjang polifenol yang berasal dari buah apel. Sebanyak 124 peserta menjadi partisipan dalam penelitian dan dibagi menjadi dua kelompok.

Setiap hari, satu kelompok disuguhi sekitar 340 gram minuman apel kaya polifenol dan kelompok lainnya mengonsumsi minuman tanpa polifenol. Setelah 12 minggu, diketahui bahwa area lemak visceral (VFA) dari subjek dalam 'kelompok apel' telah menurun secara signifikan.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Rutin Minum Jus Apel Mampu Turunkan Berat Badan
Berawal dari Keluhan Emak-emak, UGM Bikin Melon Mirip Apel

Polifenol sendiri adalah senyawa tumbuhan alami yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran. Apel dianggap sebagai sumber senyawa yang sangat baik dan itulah mengapa apel digunakan dalam uji klinis ini. Sementara polifenol memainkan peran utama dalam proses tersebut, apel juga memiliki kandungan sehat lainnya.

Salah satunya, apel mengandung kalori yang rendah, dalam 100 gram apel hanya mengandung 50 kcal. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan serat, terutama serat pektin. Kandungan serat ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan metabolisme, meningkatkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Perlu dicatat jus apel yang dianjurkan adalah jus apel segar bukan jus apel kemasan atau botolan yang umumnya sudah ditambahkan gula.