Alternatif Pengganti Daging, Ini 5 Sayuran dengan Kandungan Protein Tinggi

Berita Pangan - ilustrasi Brokoli (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB

Sariagri - Protein merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi satu ini bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Namun kebanyakan orang percaya bahwa kandungan protein hanya bisa didapatkan dari daging hewan saja.

Faktanya, ada sejumlah ada berbagai jenis sayuran yang bisa menjadi sumber protein nabati. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan protein dalam berbagai sayuran ini tak kalah tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau sapi. Nah, Sobat Agri ingin tahu apa saja jenis sayuran yang memiliki protein tinggi? simak ulasan satu ini.

5 Sayuran dengan Kandungan Protein Tinggi

1. Jamur

Jamur olahan menjadi salah satu enis hidangan lezat sebagai pengganti daging ayam maupun daging sapi. Tak hanya, itu jamur juga sering dijadikan topping atau campuran untuk beberapa jenis masakan. Ini dikarenakan jamur mengandung banyak zat gizi penting yang membuat tubuh lebih kuat diantaranya protein, kalium, dan masih banyak lagi.

2. Brokoli

Sebagai sayuran hijau, brokolo dinilai memiliki ragam jenis kandungan nutrisi penting, salah satunya adalah protein.Dalam setiap cangkir brokoli terkandung 2,8 gram protein. Selain itu brokoli juga diketahui mengandung vitamin C yang berperan aktif untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

3. Kacang Polong

Kandungan protein dalam kacang polong sangat tinggi yakni sebesar 9 gram per cangkir. Sayuran yang identik dengan warna hijau ini juga mengandung zat gizi lain seperti zat besi, asam folat, dan beberapa macam vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Alternatif Pengganti Daging, Ini 5 Sayuran dengan Kandungan Protein Tinggi
4 Sayuran yang Sebaiknya Dihindari Penderita Penyakit Jantung

4. Jagung Manis

Setiap 100 gram jagung manis diketahui mengandung 3,3 protein. Sayuran satu ini ini bisa diolah dengan berbagai cara seperti direbus, dibakar, atau dimasak bersama dengan campuran sayuran lainnya.

5. Kentang

Tak hanya tinggi karbohidrat, ternyata kentang juga kaya akan protein. Kandungan protein pada kentang yang berukuran besar berjumlah sekitar 5 gram. Selain itu ada nutrisi lain seperti vitamin C dan B6 yang juga baik untuk tubuh manusia.