Catat! Ini 3 Waktu Terbaik untuk Makan Buah-buahan

Ilustrasi buah-buahan untuk salad. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 1 Februari 2023 | 09:00 WIB

Sariagri - Makan buah-buahan memang diyakini mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Mengutip dari laman NDTV, buah-buahan yang dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bermanfaat mengontrol tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mencegah kanker.

Nah, untuk merasakan dampak kesehatannya, Sobat Agri perlu mengetahui waktu yang tepat untuk makan buah-buahan.

1. Di Sela Waktu makan

Mengonsumsi buah-buahan di sela waktu makan merupakan kebiasaan yang sehat. Pasalnya, saat itu tubuh dengan cepat mencerna makanan dan mengeluarkan beberapa enzim untuk memecah buah. Tak hanya itu, buah-buahan akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah rasa lapar.

Baca Juga: Catat! Ini 3 Waktu Terbaik untuk Makan Buah-buahan
Benarkah Sering Mengonsumsi Buah Manis Berisiko Tingkatkan Terkena Diabetes

2. Pagi dan Sore Hari

Makan buah-buahan di sore atau pagi hari bisa merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan kadar gula darah. Tubuh mencerna buah-buahan lebih mudah saat perut kosong dan memberikan energi yang dibutuhkan di pagi hari untuk memulai hari.

3. Makan Buah ketika Makan

Makan buah-buahan ketika makan dinilai bisa memperlambat pencernaan dan membuat makanan berfermentasi atau membusuk di perut. Padahal, buah tidak membuat makanan bertahan di perut untuk waktu yang lama. Buah akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan memberikan energi sepanjang hari.