Mudah dan Praktis, Begini Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga

Ilustrasi Anggrek Bulan (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 2 Februari 2023 | 19:00 WIB

Sariagri - Anggrek bulan menjadi salah satu tanaman hias yang diminati masyarakat. Tanaman cantik yang satu ini memang merupakan anggrek yang paling umum dan mudah ditemui sehingga banyak dikenali.

Namun dalam merawatnya, kamu perlu memperhatikan lingkungan tempat tumbuhnya agar tanaman dapat terus berbunga. Pasalnya, bunga anggrek rentan pada cuaca dan jumlah air yang diberikan setiap harinya. Selain itu, pH tanah atau media tanamnya pun harus selalu dijaga.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat anggrek bulan.

Media tanam

Melansir cybex.pertanian.go.idmedia tanam yang biasa digunakan untuk menanam dan merawat bunga anggrek bulan antara lain sabut kelapa, pakis dan arang kayu.

1. Sabut kelapa menjadi media yang bagus untuk menanam bunga anggrek bulan, karena dapat menyimpan air dengan baik, sehingga tidak terlalu sering menyiram bunga anggrek.

2. Arang kayu lebih sulit untuk mengikat air, sehingga jika menggunakan media ini saja, harus sering untuk menyirami tanaman anggrek.

3. Batang pakis sudah menjadi sangat populer untuk menjadi media tanaman anggrek. Batang pakis yang baik untuk media tanam anggrek yaitu batang pakis yang sudah tua serta sudah kering karena cocok untuk media tanam tanaman hias.

4. Pakis dinilai sebagai media tanam sangat bagus, karena mudah mengikat air, serta memiliki sifat penyerapan dan sirkulasi air, serta bertekstur lunak sehingga akan mudah ditembus oleh akar tanaman.

Pemilihan bibit

Bibit akan menentukan kualitas bunga anggrek saat tumbuh. Bibit yang baik dapat meningkatkan kualitas pada bunga anggrek. Bibit anggrek baiknya berumur satu tahun dan memiliki daun serta akar yang kondisinya baik. Bibit dapat ditanam selama tiga bulan dalam wadah plastik.

Pupuk

Pupuk harus rutin diberikan agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Bibit anggrek bulan yang sudah siap tanam dapat dipindahkan ke pot kecil (ukuran pot bebas namun sebagai referensi bisa dengan pot ukuran 6-12 cm).

Sinar matahari yang cukup

Menanam anggrek perlu diperhatikan dengan baik karena anggrek tidak memerlukan sinar matahari yang banyak, hanya sekitar 20% per hari. Sehingga anggrek bisa disimpan di tempat yang teduh seperti teras rumah.

Tanaman anggrek yang baik dapat dilihat dari perbedaan warna daunnya. Warna daun tanaman anggrek akan berwarna cerah sehingga menandakan anggrek mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sedangkan daun anggrek yang berwarna hijau tua berarti sinar matahari yang didapat kurang. Daun anggrek yang berwarna kecokelatan berarti terlalu banyak mendapatkan sinar matahari.

Penyiraman

Hal yang perlu diperhatikan selama merawat bunga anggrek bulan antara lain rutin memperhatikan waktu penyiraman, tanaman anggrek sebaiknya disiram 2-3 hari sekali saat cuaca sedang panas langsung ke akarnya pagi atau sore hari.

Meskipun anggrek rutin disiram, namun harus memperhatikan kelembaban pada tanaman anggrek, karena media tanam yang terlalu basah dapat menyebabkan anggrek menjadi busuk.

Hama dan penyakit

Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan karena kondisi angin yang pas dapat membuat anggrek tumbuh dan mekar dengan baik, untuk mencegah munculnya hama dan penyakit, tanaman anggrek dapat disemprot fungisida atau insektisida sesuai dengan kebutuhan.

Bahan untuk mengatasi hama atau penyakit dapat berbunga dengan baik jika memiliki nutrisi yang cukup, maka dari itu bisa dilakukan dengan rutin pemupukan setiap 2 minggu sekali. Pupuk yang dipakai disarankan mengandung kalsium, fosfor, dan kalium.

Tips tanaman anggrek cepat berbunga

Kendala yang sering dihadapi dalam merawat anggrek bulan adalah anggrek jarang berbunga atau tidak dapat berbunga lagi setelah tumbuh bunga pertama.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat anggrek berbunga lagi antara lain menambahkan nutrisi untuk memicu tumbuhnya bunga, biasa dikenal dengan istilah ZPT (zat pengatur tumbuh). Nutrisi ini bisa didapatkan di toko-toko pertanian atau dibeli secara online.

Untuk hasil yang lebih baik, bisa manambahkan air kelapa ke dalam nutrisi yang diberikan. Pengecekan hama pada anggrek juga perlu dilakukan untuk mencegah bunga anggrek yang sulit tumbuh karena terhambat oleh hama dan penyakit.

Bunga anggrek juga dapat tumbuh lebih baik jika diletakkan dekat dengan sumber air, seperti kolam ikan atau kolam air mancur rumah. Daerah sekitar kolam yang lembab merupakan habitat bunga anggrek paling sempurna.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Merawat Anggrek Bulan agar Rajin Berbunga
Cara Tepat Merawat Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga

Merawat anggrek bulan dapat menjadi hobi yang menyenangkan di waktu luang dan juga bisnis yang menghasilkan, karena semakin populer anggrek bulan di masyarakat maka minat untuk membeli dan merawatnya pun jadi lebih tinggi.

Sehingga peluang usaha anggrek ini bisa jadi pertimbangan untuk dilakukan. Harga bunga anggrek di pasaran juga cukup mahal, meskipun saat perawatan banyak yang perlu diperhatikan, namun jika sudah mengerti cara merawat yang baik maka dapat jadi peluang bisnis yang potensial.