4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Jus Seledri (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 27 Februari 2023 | 15:00 WIB

Sariagri - Konsumsi jus seledri dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak menyukai sayuran. Jus satu ini juga sering dijadikan andalan untuk mengurangi berat badan.

Jus seledri dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, seledri mengandung semua jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, konsumsi jus seledri juga dapat bantu menangkal penyakit dan menjaga ketahanan tubuh untuk tetap sehat.

Seorang ahli gizi di Cheerful Choices, Mackenzie Burgess, RDN., menjabarkan beberapa manfaat dari konsumsi jus seledri, sebagaimana yang dilansir dari Eat This Not That.

1. Mengandung banyak nutrisi

Jus seledri memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu cangkir jus seledri dapat mengandung 8% kalsium, 7% magnesium, dan 14% kalium.

“Jus seledri mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A, C, dan K yang sangat penting bagi tubuh kita,” ujar Burgess.

2. Mengurangi peradangan dan risiko penyakit

Studi pada Journal of Chiropractic Medicine mengungkapkan manfaat konsumsi jus seledri pada penderita hipertensi. Penelitian ini menyebutkan bahwa konsumsi jus seledri dapat membantu terapi chiropractic secara teratur serta bantu menurunkan tekanan darah

Penelitian lain dari Phytotherapy Research menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam seledri dapat menekan peradangan kardiovaskular, mengurangi stres oksidatif dalam aliran darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit. Hal ini dapat memperluas otot polos dalam pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

“Kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang terkandung dalam seledri membantu menurunkan tekanan darah dan terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” kata Burgess.

3. Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Jus seledri mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Mayo Clinic menyebutkan bahwa satu cangkir jus seledri mengandung 7% vitamin A yang dapat memberikan manfaat untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan kekebalan tubuh.

Jus seledri dapat menghidrasi tubuh yang bantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dalam jus ini dapat meningkatkan sintesis kolagen, membentuk jaringan pendukung sendi, dan menghaluskan kulit.

4. Mengandung serat

Seledri dikenal sebagai sumber serat yang baik. Satu batang seledri utuh dapat mengandung 1,6 gram serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. 

Seledri dikenal sebagai sumber serat yang baik. Satu batang seledri utuh dapat mengandung 1,6 gram serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. “Serat dapat memberikan asupan bakteri baik dalam usus yang mendukung mikrobioma usus sehat dan menghasilkan produksi senyawa tertentu yang bermanfaat, seperti short chain fatty acids (SCFA), ujar Burgess.

Serat pada seledri juga dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama dan bantu mencegah sembelit serta menurunkan kolesterol. Tanpa serat dan protein dalam makanan, kadar gula darah dapat mengalami perubahan dengan cepat.

(Sariagri/Nurma Wibi Earthany)



Baca Juga: 4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri Bagi Kesehatan Tubuh
Sering Dijadikan Lalapan, Tak Disangka Selada Punya Khasiat Luar Biasa