5 Daftar Tanaman yang Tumbuh Subur di Lahan Basah

Ilustrasi daun pakis (Foto:Pixabay)

Editor: Rashif Usman - Selasa, 21 Maret 2023 | 14:32 WIB

Sariagri - Air menjadi komponen penting bagi tanaman. Tanamam membutuhkan air untuk bertahan hidup dan tumbuh subur. Selain itu, air sangat penting karena berfungsi untuk pelarut dan penyerap unsur hara.

Tanaman yang mendapatkan jumlah air berlebih akan menjadi busuk dan rentan terkena penyakit. Saat anda menyirami tanaman dengan air berlebihan, tanaman tidak dapat menyerap nutrisi dan bertukar gas.

Namun, terdapat beberapa tanaman yang tumbuh subur jika tergenang banyak air. Jika anda memiliki halaman yang tergenang air, tanaman berikut dapat anda coba untuk ditanam yang dilansir dari thepracticalplanter

1. Lembang atau cattail

Lembang atau cattail tumbuh subur di sekitar kolam atau area lembap. Tanaman ini tumbuh setinggi sepuluh kaki dan tumbuh subur jika mendapatkan sumber air konstan. Setiap bagian dari tanaman ini bermanfaat bagi hewan dan manusia.

Salah satunya dapat menarik ikan kecil dan spesies lainnya untuk dimangsa oleh hewan liar. Tidak hanya itu, tanaman ini menjadi tempat bersarang burung. Biasanya lembang dimanfaatkan oleh manusia untuk bahan anyaman keranjang dan tikar.

2. Pakis

Pakis tumbuh subur kelembapan yang berlebih. Tentunya tanaman ini ditanam di tepi kolam atau lahan yang sangat basah. Pakis memiliki dedaunan yang meyerap air dan sistem perakaran padat.

Jika anda memiliki pakis yang tumbuh tinggi maka tanaman ini akan menyerap lebih banyak air seperti pakis burung unta. Sistem perakaran pakis dapat menyerap air dalam jangkauan luas. pakis yang dapat anda tanam seperti pakis kayu manis, pakis holly, dan pakis rawa.

3. Bunga bakung gunung

Bunga bakung gunung atau Convallaria majalis menjadi tanaman tahunan yang tumbuh subur di tanah yang tergenang air. Namun, bunga bakung gunung adalah tanaman beracun sehingga anda harus menjauhkannya dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Baca Juga: 5 Daftar Tanaman yang Tumbuh Subur di Lahan Basah
5 Tanaman Herbal yang Dapat Dijadikan Teh, Salah Satunya Daun Ketumbar

4. Bunga marsh marigold

Mash marigold biasanya dapat anda temukan saat mendaki gunung. Jika anda menemukannya berarti itu adalah bagian yang tidak boleh anda lewati karena terdapat tanah yang tergenang air. Bunga tanaman ini berwarna kuning dan tumbuh setinggi 18 inci.

5. Melati carolina

Melati Carolina atau Gelsemium sempervirens memiliki tinggi batang mencapai 20 kaki. Tanaman ini tumbuh merambat dan memiliki bunga berwarna kuning. Perlu diperhatikan tanaman ini wajib dipangkas karena dapat tumbuh tidak terkendali dan menjadi benalu. (Sariagri/Chelvi Agnariosa)