Lima Sayuran Ini Harganya Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah

Ilustrasi sayuran (Foto: Unplash)

Editor: M Kautsar - Senin, 11 Mei 2020 | 15:05 WIB

SariAgri - Sayuran dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki serat untuk tubuh. Tidak hanya berguna bagi tubuh, sayuran juga dapat membuat tubuh segar usai mengonsumsinya.

Meski begitu, sayuran kerap dikenal dijual dengan dengan harga terjangkau. Alasannya, beberapa sayuran mudah dikembangkan dan dibudidayakan, baik di dalam pot maupun dengan teknik hidroponik.

Tapi, ada sejumlah sayuran yang langka di pasaran. Sayuran ini punya harga ratusan ribu untuk per ponnya. Berikut lima sayuran yang dihargai di atas ratusan ribu per ponnya.

5. Selada merah muda

Sayuran termahal (Foto: MoneyInc)

Selada merah muda atau radicchio merah muda sedang menjadi perbincangan bagi sejumlah pasar saat ini. Meskipun rasanya sedikit lebih pahit, tampilan selada merah muda ini tampak cantik. Dilaporkan MoneyInc, sayuran ini dijual dengan harga Rp150 ribu per setengah kilogram.

4. Bayam Yamashita

Sayuran termahal (Foto: MoneyInc)

Bayam dikenal sebagai sayuran yang mudah tumbuh. Sayuran ini dijual dengan harga ribuan per tandan. Tetapi, bayam yamashita dihargai lebih mahal.  Bayam ini dijual dengan harga Rp195 ribu per pon.

Bayam ini dikembangkan Asafumi Yamashita, petani sayuran kelahiran Tokyo, yang tinggal di Perancis. Bayam ini hanya dijual kepada 7 klien, yang semuanya adalah koki berbintang Michelin.

3. Akar Wasabi

Sayuran termahal (Foto: MoneyInc)

Jika kamu pernah pergi ke tempat sushi kelas atas, ada kemungkinan kamu membayar cukup mahal untuk makanannya. Tentu saja, ikan dan makanan laut lainnya harganya cukup mahal, tetapi bisa jadi yang mahal yaitu wasabi.

Satu pon wasabi dijual seharga sekitar $ 73 atau Rp1,08 juta. Luar biasa mahal bukan?

2. La Bonnotte Potatoes

Sayuran termahal (Foto: MoneyInc)

Kentang telah menjadi komoditas penting pertanian. kentang kerap disajikan di restoran ternama.

Salah satu kentang termahal yaitu La Bonnotte. Varietas kentang ini hanya dibudidayakan di sebuah pulau di lepas pantai Prancis barat, Noirmoutier. Varietas ini hanya diproduksi 100 ton yang setiap tahun. Tak salah harganya dijual mahal Rp4,7 juta per pon.

1. Hop Shoots

Sayuran termahal (Foto: MoneyInc)

Agak sulit mencari bandingan nama sayuran ini. Tetapi, tanaman ini dijual beserta akarnya. Mereka hampir seperti kangkung dalam kualitas dengan rasa.

Tanaman ini bernilai Rp6,3 juta per ponnya. Alasan mengapa hop shoots sangat mahal adalah karena proses panen yang rumit. Tumbuhan ini kecil dan harus dipetik menggunakan tangan kosong.