Sering Dikonsumi, Ini Buah yang Diklaim Paling Banyak Mengandung Pestisida

Ilustrasi Buah dan Sayuran (Pixabay)

Editor: Reza P - Selasa, 30 Juni 2020 | 18:30 WIB

SariAgri - Saat mengonsumsi buah atau sayuran, sejumlah orang merasa khawatir akan kadar pestisida yang terkandung di dalamnya.

Padahal buah dan sayuran adalah makanan sehat untuk dikonsumsi, terutama mereka yang sedang menjalani program diet.

Namun tahukah Sobat Agri jika dari sekian banyak buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi ternyata ada yang paling tinggi kandungan pestisidanya.

Menurut laporan tahunan Environmental Working Group (EWG), ternyata buah stroberi mengandung pestisida paling banyak, jika dibandingkan dengan jagung manis dan alpukat.

Panduan Pemelihara Pestisida dalam Produk EWG tahun 2017, sekitar 48 jenis buah dan sayuran yang ditanam secara konvensional diuji untuk bahan kimia sintetis.

Meskipun telah mencuci dan mengupas buah yang diambil lebih dari 36.000 sampel, rupanya masih ada 178 pestisida yang ditemukan di antara hasil panen yang dianalisis oleh Departemen pertanian Amerika Serikat.

Selain stroberi, ada pula bayam, nectarine, apel, persik, seledri, anggur, pir, ceri, tomat, paprika manis dan kentang yang juga mengandung kadar pestisida tertinggi.

Saat diuji, buah dan sayuran ini positif berisikan sejumlah pestisida yang berbeda serta memiliki konsentrasi bahan kimia sintetis lebih tinggi daripada produk lainnya.

Dan dalam hal ini, buah stroberi paling banyak menyimpan setidaknya 20 pestisida.

Sedangkan buah dan sayur yang menghasilkan residu pestisida terendah, diantaranya jagung manis, alpukat, nanas, kol, bawang merah, kacang polong beku, pepaya, asparagus, mangga, terong, melon, kiwi, blewah, kembang kol dan jeruk bali.

Sementara itu, hanya 1 persen sampel jagung manis dan alpukat yang menunjukkan adanya pestisida yang terdeteksi.

Informasi Menyesatkan

Dilansir dari laman medicaldaily, Alliance for Food and Farming sebuah organisasi nirlaba yang mewakili petani organik dan konvensional dari buah-buahan dan sayuran, mengatakan jika konsumen tidak perlu khawatir.

Mereka mengungkapkan, bila informasi yang disampaikan oleh EWG itu menyesatkan dan rangking mereka tidak menggunakan proses ilmiah.

Baca Juga: Sering Dikonsumi, Ini Buah yang Diklaim Paling Banyak Mengandung Pestisida
Daftar 15 Buah dan Sayur Sehat yang Rendah Residu Pestisida

Tapi, apakah Sobat Agri membeli produk organik atau konvensional, penting untuk menangani dan memilih makanan kamu dengan aman.

Untuk praktik yang paling sehat, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar selalu mencuci buah dan sayuran, jaga agar tetap dingin dan pisahkan dari makanan seperti daging mentah, unggas serta makanan laut.