Mengkudu dan Sejumlah Manfaatnya yang Tak Terduga

Buah Mengkudu (Pixabay)

Penulis: Idho, Editor: Rojes Saragih - Rabu, 15 Juli 2020 | 13:30 WIB

SariAgri - Rasanya memang enggak seperti kebanyakan buah yang manis atau asam tapi segar. Bentuknya pun unik, lonjong dengan bulatan-bulatan coklat di seluruh bagian kulitnya.

Itulah buah mengkudu, dengan aromanya yang cukup khas, buah ini cukup mudah untuk dikenali. Namun, karena aroma dan rasanya yang unik itu, buah ini seringkali dihindari oleh banyak orang.

Padahal jika ditelaah lebih dalam, buah ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan, loh! Penasaran? Yuk, kita simak buah mengkudu dan segudang manfaat yang enggak terduga.

Perbaiki sistem pencernaan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Medicine Food, manfaat mengkudu yang pertama yakni bisa memperbaiki sistem pencernaanmu.

Mengkudu sendiri bisa dikonsumsi dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan cara difermentasi. Nah, fermentasi buah mengkudu inilah yang disebut dapat memperbaiki kesehatan sistem pencernaan kita.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa fermentasi mengkudu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan probiotik dan mengurangi oksidasi intraseluler dan peradangan sel Caco-2.

Dengan begitu, diketahui bahwa fermentasi mengkudu dapat melindungi tubuh dari penyakit radang usus besar, Sobat Agri.

Miliki sifat analgesik

Selain itu, mengkudu juga memiliki sifat analgesik, loh. Kamu tahu kan obat tramadol? Tromadol adalah resep analgesik yang digunakan untuk meredakan nyeri sedang hingga berat.

Menurut penelitian, jus mengkudu bisa mengurangi sensitivitas nyeri yang mirip dengan tramadol. Untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi peradangan seperti radang sendi.

Baca Juga: Mengkudu dan Sejumlah Manfaatnya yang Tak Terduga
Buah Ini Diklaim Ampuh Melawan dan Membunuh Kanker

Mengkudu yang dijadikan jus juga punya manfaat lain yang enggak kalah luar biasa Sobat Agri.

Anti stroke

Jus buah mengkudu bisa membuat tubuh lebih terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh stroke.

Soalnya, buah mengkudu mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kedua sifat tersebut bisa melindungi diri kita dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan sementara aliran darah otak.

Wah, manfaat buah mengkudu ada begitu banyak ya, Sobat Agri! Namun jangan lupa untuk tetap konsultasi dengan dokter ya Sobat Agri, agar lebih terjamin khasiatnya.