Ingin Kulit Cerah Tanpa Perawatan, Bisakah?

Ilustrasi Kulit Cerah (Unsplash)

Editor: Idho - Selasa, 8 September 2020 | 10:30 WIB

SariAgri - Siapa sih wanita yang enggak ingin memiliki kulit yang cerah? Namun tak semua wanita mampu atau ingin menggunakan serangkaian perawatan kecantikan. Bisakah hal itu terwujud?

Melansir Antara, dermatolog dr Balquist Farida, SpKK mengatakan mendapat kulit cerah tanpa melakukan perawatan sama sekali bukan tidak mungkin, hanya saja tetap diperlukan usaha khusus seperti menjaga kesehatan dari dalam tubuh.

Untuk membuat kulit terlihat cerah, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin sangat diperlukan. Selain itu, seseorang harus menjaga kesehatan hati (liver) dan ginjal.

"Liver berfungsi untuk mendetoks racun, kalau orang kena penyakit liver kulitnya akan gelap. Kesehatan dalam tubuh itu mempengaruhi kesehatan kulit di luar. Bila sistem organ kita sehat, ginjal dan liver terutama, kulit akan tampak sehat. Kulit yang sehat akan terlihat cerah," ujarnya.

Nah, terdapat beberapa buah-buahan yang diyakini mampu untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal manusia.

1. Semangka

Pertama ada buah semangka. Mengonsumsi semangka yang paling sehat adalah dengan cara dijus. Hal itu lantaran hasilnya akan lebih cepat diserap ke dalam jaringan dan aliran sarah, yang kemudian akan menstimulasi fungsi ginjal dengan baik.

2. Cranberry

Selain itu ada juga cranberry. Cranberry adalah antioksidan alami dan salah satu buah terbaik yang mudah ditemukan untuk detoksifikasi alami. Mereka membantu membuang racun, membersihkan tubuh dan aliran darah, dan melindungi Anda dari efek radikal bebas. Salah satu sifat cranberry yang paling terkenal adalah kemampuan mereka untuk menjaga bakteri agar tidak menempel pada dinding kandung kemih.

3. Apel

Apel dipercaya mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam aliran darah. Baik apel hijau maupun merah, keduanya mampu merangsang fungsi ginjal yang tepat dan membantu detoksifikasi hati.

4. anggur merah

Anggur merah adalah diuretik kuat yang membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi hati. Meksipun semua anggur merah baik, namun tetap pilihlah anggur yang warnanya paling gelap. Anggur dengan warna merah gelap, diyakini memiliki antioksidan lebih banyak dari yang berwarna terang. Kandungan air di dalam buah anggur sangatlah tinggi yaitu sekitar 80%.

Selain ginjal dan liver, jantung juga memiliki peran untuk mencerahkan kulit. Jika jantung tidak dapat memompa dengan baik, maka darah tidak dapat membawa nutrisi dan vitamin kepada kulit.

"Gizi utama kita dibawa oleh darah, jika tidak dialirkan dengan baik kualitas kulit akan menurun dan enggak sehat, warna kulit otomatis berpengaruh, bibir juga akan kering dan pucat," ujar dr. Balquist.

Baca Juga: Ingin Kulit Cerah Tanpa Perawatan, Bisakah?
Lima Buah Super untuk Lengkapi Dietmu

Selain itu, untuk membuat kulit berwarna cerah, hindarilah terkena sinar matahari langsung dan selalu menggunakan tabir surya.

"90 persen yang membuat tanning matahari, jadi kita harus pintar mengatur aktivitas. Kalau males pakai sunblock ya harus mengatur waktu, misalnya olahraga sebelum jam 8 atau di atas jam 4," kata dr. Balquist.

Berita hortikultura - Video Terkait: