Tingkatkan Ekonomi, Sigi Gencarkan Program Pekarangan Pangan Lestari

Ilustrasi tanaman pertanian hidroponik (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 9 Oktober 2020 | 14:00 WIB

SariAgri - Pemerintah Kabupaten Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah terus menggencarkan program pekarangan pangan lestari (p2l) di daerah itu sebagai upaya pemerintah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Program ini sudah dilakukan di ​​hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi," kata Kepala Dinas ketahanan pangan dan perikanan Sulteng, Rahmad Ikbal di Sigi, Jumat (9/10).

Ia mengatakan setiap kelompok yang melaksanakan program tersebut menerima bantuan dana dari pemerintah sebesar Rp60 juta. Bantuan dimaksud untuk membangun rumah pembibitan dan demplot pemanfaatan lahan pekarangan disesuaikan dengan luasan areal lahan pekarangan yang ada.

Menurutnya, jika program ini berhasil dilaksanakan,niscaya untuk kebutuhan sehari-hari anggota kelompok dapat terpenuhi melalui program P2L. Selebihnya, hasil panen bisa dijual ke pasaran dan uangnya dapat dimanfaatkan oleh masing-masing kelompok untuk menambah pendapatan keluarga.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi, Sigi Gencarkan Program Pekarangan Pangan Lestari
Inilah Cara Petani Milenial Lombok Siasati Kebutuhan Pangan

Selama ini, lanjut Ikbal, sudah ada beberapa kelompok P2l di Sigi yang sudah berhasil mengembangkan sejumlah komoditi pangan dan hortikultura.

Sigi memang dikenal sebagai sentra produksi pangan dan juga hortikultura. Hasil panen sendiri bisa langsung dipasarkan yang bisa dijual di pasar tradisional di Sigi dan Kota Palu.