Festival Tanaman Hias Bogor Ajak Petani Lokal Bergabung

Bisnis tanaman hias yang semakin segar di masa pandemi (Sariagri/Yudi Asmaraloka)

Editor: Andry - Jumat, 9 Oktober 2020 | 18:30 WIB

SariAgri -  Potensi bisnis tanaman hias belakangan kini tal bisa dipandang sebelah mata. Dengan peminatnya yang semakin banyak dan harga yang sedang bagus-bagusnya ini,  dirasa pelaku bisnisnya,  perlu untuk dibuatkan sentra tanaman hias. Ini mendorong sejumlah pelaku ekspor tanaman hias asal Kota Bogor, berinisiatif membuat pusat tanaman hias dengan mengajak ratusan petani lokal bergabung. 

"Indonesia ini belum punya pusat tanaman hias. Jadi kita ingin membuat Jungle Biotech Festival, yang bakal menjadi pusatnya epicentrum tanaman hias. Jadi orang luar negeri dapat  datang ke sini," kata Ade.

Festival tanaman hias ini akan digelar di area Jungle Fest Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan, Kota Bogor. Festival bisa menampung sampai 200 petani tanaman hias. Ini dapat menjadi  kesempatan emas bagi petani tanaman hias untuk memperluas pasar mereka.

Baca Juga: Festival Tanaman Hias Bogor Ajak Petani Lokal Bergabung
Mentan Dorong Perluasan Pasar Ekspor Produk Turunan Jagung dan Gandum

"Selama ini, penjualan tanaman hias terpisah-pisah. Misalnya di Ciapus.  Karena  adanya di gang sempit, sehingga aksesnya susah. Selain itu, gak ada guide-nya. Nah di festival ini, kita mempermudah orang para petani bertemu dengan calon pembeli," ungkap Ade.

Untuk mengikuti festival ini, para petani tak dikenakan biaya, hanya dikenakan sewa lapak saja. Diharapkan diadakannya festival ini, gairah bisnis tanaman hias ini akan semakin bertambah. (SariAgri/Yudi Asmaraloka)