Gubernur Babel Ajak Petani Cambai Terus Berkolaborasi

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak Kelompok Tani Subur Lestari Desa Sambari Selatan (Sariagri/Doni)

Penulis: M Kautsar, Editor: Reza P - Rabu, 21 Oktober 2020 | 17:30 WIB

SariAgri - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak kelompok tani Subur Lestari Desa Sambari Selatan, Kabupaten Bangka Tengah berkolaborasi. Salah satu strategi itu dengan memberikan bantuan untuk petani.

Erzaldi mengatakan, bantuan dan kolaborasi ini penting karena sektor pertanian menjadi pendorong ekonomi rakyat di masa pandemi Covid-19.

"Saya sungguh bahagia dengan adanya kolaborasi antara pemprov dan kabupaten dalam mendorong peningkatan produksi petani. Semoga apa yang kita impikan bersama akan terwujud," ucap Erzaldi.

Erzaldi mengatakan, pihaknya akan mendorong Desa Cambai ini sebagai sentra hortikultura. Langkah ini dilakukan dengan mewacanakan pembangunan gudang (cool storage) komoditi hortikultura.

Dengan adanya gudang tersebut, hasil produksi hortikultura tidak harus langsung dikonsumsi mengingat daya tahan jenis tanaman ini. Selain itu, ini juga dapat mencukupi kebutuhan untuk wilayah Bangka Belitung sehingga tidak perlu mendatangkan komoditi dari luar Bangka.

Erzaldi berpesan kepada para petani agar meningkatkan hasil produksinya. Pemerintah provinsi mendorong pemanfaatan program kur dan memberikan jaminan pembeli.

Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, mengatakan komiditi hortikultura dikembangkan secara terpadu berbasis kawasan dengan menjadikan Cambai sebagai sentra hortikultura.

Rencanya Pemprov Kepulauan Bangka Belitung akan memberikan bantuan bibit, pupuk, serta pestisida. Sedangkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah memberikan sarana prasarana pendukung.

Setelah mendapat bantuan, diharapkan para petani dapat mampu mandiri dengan memanfaatkan dana KUR. (Sariagri/Doni)