Hotel di Bogor Produksi Sayur di Rooftop dengan Metode Hidroponik

General Manager THE 1O1 Bogor Suryakancana Adjid Kurniawansyah pamer hasil panen sayur mayur di hotelnya. (Foto: Sariagri/Yudi Asmaraloka)

Editor: M Kautsar - Senin, 28 Desember 2020 | 21:02 WIB

SariAgri - Untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur segar dan organik, THE 1O1 Bogor Suryakancana membuat inovasi perkebunan di atas rooftop dengan menggunakan sistem hidroponik. Pemanfaatan rooftop hotel untuk kegiatan perkebunan pertama kali dilakukan oleh THE 1O1 Bogor Suryakancana.

General Manager THE 1O1 Bogor Suryakancana Adjid Kurniawansyah mengatakan bahwa membuat hidroponik di atas rooftop tidak begitu sulit. Persiapan yang harus disiapkan diantaranya adalah instalasi hidroponik yang bisa dibuat dengan baja ringan.

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah lubang media tanam, dan bibit. "Selanjutnya ada beberapa tahap yang harus dijalankan dalam menanam hidroponik dari mulai penyemaian benih tanaman, menyiapkan media tanam, pemberian nutrisi dan perawatan tanaman," ujar Adjid.

Saat ini kata Adjid THE 1O1 Bogor Suryakancana menanam sayur mayur organik seperti pakcoy, selada, bayam, kailan dan lainnya.

Butuh waktu 27 hingga 33 hari untuk memanen sayuran pada media tanam hidroponik. Pada awal penanaman THE 1O1 Bogor Suryakancana sudah melakukan panen.

"Dari proses ke empat tahap tersebut hasil yang didapat sebanyak 6 kilogram dari 18 lubang," katanya.

Adjid mengatakan bahwa kebun hidroponik yang di buat oleh THE 1O1 Bogor Suryakancana bertujuan untuk memberikan makanan yang segar dan menyehatkan kepada para tamu.

Selain itu tanaman hidroponik pun lebih steril karena tidak menggunakan pestisida.

"Menanam hidroponik tidak membutuhkan lahan besar, jadi sangat mudah jika kita kembangkan di hotel dan menjadikannya keunikan tersendiri dalam menu buffet," ujarnya. (SariAgri/Yudi Asmaraloka)