4 Manfaat Istimewa Daun Beluntas yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Daun Beluntas (Istimewa)

Editor: Reza P - Selasa, 5 Januari 2021 | 18:45 WIB

SariAgri - Dalam ilmu pengobatan herbal, daun beluntas sudah tak diragukan lagi khasiatnya. tanaman yang memiliki nama ilmiah Plucheacea folium ini adalah tanaman liar yang dapat tumbuh di tanah kering dan berbatu.

Menurut Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan obat Indonesia, beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan karakter tanaman ini tingginya bisa mencapai 3 meter, sehingga sering kali ditanam sebagai hiasan di pekarangan rumah.

Sobat Agri bisa memanfaatkan daun dan akar beluntas. Karena daun beluntas diperkaya dengan kandungan alkaloid, tanin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flavonoid, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flavonoid dan tanin.

Nah untuk kamu yang belum tahu, berikut khasiat daun beluntas dalam dunia pengobatan herbal yang perlu kamu ketahui.

1. Obat gangguan pencernaan

Di dalam daun beluntas, terdapat 20% minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan Escherichia coli yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Untuk meracik ramuan herbal ini, kamu bisa mencuci daun beluntas sampai bersih kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu minum air rebusan daun beluntas tadi selagi hangat.

2. Obat demam

Jika sedang demam, kamu juga dapat meminum air rebusan daun beluntas. Hal itu disebabkan karena daun beluntas bersifat antipiretik yang artinya pereda demam.

Untuk membuat obat herbal batuk ini kamu hanya perlu menyiapkan daun beluntas 15 gram dan air secukupnya. Kemudian cuci daun beluntas hingga bersih lalu direbus sampai mendidih. Segera minum air rebusan daun beluntas selagi hangat.

3. Obat bau badan

Mengutip dari buku berjudul Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, daun beluntas ampuh mengobati bau mulut dan menghilangkan bau keringat. Daun beluntas memang punya aroma yang khas bila diremas.

Berdasarkan dari buku yang berjudul Buku Pintar Tanaman Obat, daun beluntas ampuh mengobati bau mulut dan menghilangkan bau keringat. Hal itu karena daun beluntas memiliki aroma yang khas bila diremas.

Bisa mengaplikasikannya dengan cara haluskan daun beluntas mentah atau yang sudah dikukus. Setelah itu, makan daun beluntas secara langsung atau bisa kamu jadikan menu lalapan.

4. Obat nyeri saat menstruasi

Hal yang normal memang jika beberapa wanita mengalami nyeri saat menstruasi. Namun, terkadang rasa nyeri tersebut membuat kamu tak bisa maksimal dalam menjalani aktivitas.

Untuk meredakannya, kamu bisa merebus 20 lembar daun beluntas yang sudah dicuci bersih bersamaan dengan garam dan asam jawa. Setelah mendidih, minum ramuan tersebut selagi hangat. kamu bisa minum ramuan daun beluntas secara teratur saat nyeri datang.

Video Terkait



Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Daun Beluntas yang Jarang Diketahui
Teknik Budi Daya Sirih Merah untuk Jadi Obat Saluran Pernapasan