Mengenal Buah Namnam yang Sudah Mulai Langka

Pohon namnam sudah mulai langka di Desa Cikarageman, Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (SariAgri/Dwi Rachmawati)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 8 Januari 2021 | 14:15 WIB

SariAgri - Namnam (Cynometra cauliflora L.) merupakan tanaman tahunan yang berasal dari Melasia bagian timur. Buah namnam muda memiliki rasa asam dan rasanya akan menjadi manis dan segar saat buah masak.

Menurut Pusat Konservasi Tanaman LIPI Kebun Raya, namnam banyak tumbuh secara liar di hutan Pulau Sulawesi dan Jawa bagian tengah. Habitat yang cocok untuk namnam yaitu dataran rendah yang memiliki perbedaan musim jelas. Biasanya namnam digunakan sebagai tanaman bonsai dan tanaman herbal.

Buah namnam memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Kebanyakan orang mengolah buah namnam menjadi asinan, manisan, rujak bahkan sambal.

Saat ini namnam sudah mulai jarang ditemukan. Dalam 7th Basic Science National Seminar Proceeding diungkapkap produksi buah namnam di Asia Tenggara masuk kategori sangat rendah. Penyebabnya namnam belum menjadi tanaman budidaya.

Tanaman ini sering ditanam sekedar untuk hobi, karena arsitektur pohon dan morfologi daunnya yang indah. Hingga kini namnam merupakan tanaman lesser known atau underutilized fruit.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika saat ini mempunyai dua buah pohon namnam koleksi yang berasal dari Kebun Percobaan Cipaku. Daun namnam berwarna merah muda terang pada daun mudanya sehingga sering dijadikan tanaman hias. Kulit batang namnam halus dan berbintil, dengan warna kecoklatan dan abu-abu dengan struktur berbonggol-bonggol.

Baca Juga: Mengenal Buah Namnam yang Sudah Mulai Langka
Nanas Mini yang Siap Mencuri Hati

Bunga namnam merupakan tandan kecil yang mempunyai 4 hingga 5 tandan. Bunganya kecil, kelopak berwarna merah jambu pucat atau putih. Mahkota berbentuk lanset dan berwarna putih.

Bentuk buah namnam seperti ginjal keriput yang ujungnya meruncing, tumbuh di batang hingga dekat ke tanah. Selain itu buah namnam memiliki sebutan lain yaitu 'kapi anjing'. Di dalam buah terdapat sebuah biji yang berbentuk ginjal pipih.