Bisa Atasi Penyakit Jantung, Buah Eksotis Asli Indonesia Ini Kian Langka

Ilustrasi buah gandaria. (Freepik)

Editor: Dera - Senin, 11 Januari 2021 | 18:30 WIB

SariAgri - Buah asli Indonesia ini memang belum populer dikalangan masyarakat. Bahkan keberadaanya pun kini cukup sulit ditemukan alias langka. Padahal, buah gandaria merupakan salah satu buah endemik yang menyimpan banyak khasiat karena kandungannya berlimpah zat dan nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Gandaria atau bouea macrophylla adalah buah asli Indonesia yang serumpun dengan mangga. Buah ini berbentuk oval dengan ukuran panjang sekitar 4-7 cm. Biasanyaz, buah ini berwarna hijau ketika masih mentah dan ketika sudah matang akan berwarna kuning hingga jingga. 

Sebagai buah tropis, Gandaria tumbuh di sejunmlah daerah di Pulau Jawa, Sumatera, Maluku, serta sudah dibudidayakan di wilayah semenanjung Malaysia dan Thailand.

Gandaria yang berwarna hijau biasa digunakan untuk campuran sambal, asinan atau rujak. Selain diolah menjadi jus yang menyehatkan, Gandaria yang punya rasa manis ini juga kerap dibuat menjadi manisan.

Tak banyak orang tahu, buah Gandaria juga menyimpan khasiat alami buat kesehatan. Apa saja manfaat buah asli Indonesia ini? Berikut kami rangkum buat Sobat Agri.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Salah satu manfaat dari mengonsumsi buah ini adalah meningkatnya kesehatan mata. Seperti diketahui, buah gandaria mengandung beta karoten di mana zat tersebut akan berubah menjadi vitamin A saat berproses dalam tubuh. Kayanya kandungan vitamin A dari Gandaria tentu amat membantu kesehatan mata kamu.

2. Mengatasi Persoalan Pencernaan atau Sembelit

Sembelit atau konstipasi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah Gandaria. Hal ini dikarenakan buah Gandaria kaya kandungan air dan serat yang dapat membantu kualitas pencernaan.

3. Memperlancar Sirkulasi Darah

Tubuh manusia mengandung sekitar 60-70 persen unsur air. Kadar air yang cukup membantu organ tubuh bekerja maksimal, termasuk sistem peredaran darah.

Terdapat air sebanyak 55%, sehingga perlu sekali dicukupi kadarnya agar jumlahnya masih dapat dikategorikan normal. Darah pun membutuhkan kadar air yang cukup karena bermanfaat untuk menjaga sistem peredaran darah tetap lancar. Konsumsi jus buah gandaria dapat memberikan asupan air yang baik bagi peredaran darah dan membuatnya menjadi lebih lancar.

4. Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit kusam adalah persoalan yang banyak dihadapi orang. Nah, selain sayur, anda dapat mengatasi persoalan kulit dengan manambah buah Gandaria dalam menu harian anda.

Kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalam buah ini dapat membantu pembentukan jaringan kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Selain itu, kandungan betakaroten yang ada dalam buah ini juga dapat memberikan vitamin yang baik untuk kulit.

Kandungan air pada Gandaria juga dapat membantu melembabkan kulit sehingga kulit tetap sehat dan terjaga.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition September tahun 1999 menyatakan bahwa serat merupakan penangkal yang baik untuk melawan penyakit jantung.

Penelitian tersebut menambahkan, memenuhi kebutuhan serat 26 g per hari dapat mencegah resiko penyakit jantung 40% lebih rendah. Gandaria dapat memenuhi asupan serat harian sekaligus membantu mengurangi resiko serangan penyakit jantung.

Baca Juga: Bisa Atasi Penyakit Jantung, Buah Eksotis Asli Indonesia Ini Kian Langka
Jangan Dibunuh, 5 hewan Ini Bisa Menguntungkan Petani

6. Mengurangi Resiko Stroke dan Diabetes

Berbagai studi menemukan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan membantu membuangnya bersama feses. Kandungan serat yang tinggi dalam buah gandaria dapat membantu mengikat kolesterol menjadi lebih efektif dan mengurangi risiko stroke.

Studi lain dalam American Medical Association tahun 1997 juga menjelaskan fungsi serat baik mencegah resiko diabetes, dan buah Gandari kaya kandungan serat yang larut dalam air.