Punya Segudang Manfaat, Buah Kecapi Justru Mulai Terlupakan

Ilustrasi buah kecapi. (Foter.com)

Editor: Dera - Selasa, 19 Januari 2021 | 20:00 WIB

SariAgri - Kecapi merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, meski demikian tak mudah menemukan buah bercita rasa asam dan manis ini di pasaran. Padahal buah kecapi memiliki segudang khasiat kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Pohon dengan nama ilmiah Sandoricum koetjape ini biasanya akan berbuah matang pada bulan Oktober hingga November. Buahnya sering dijadikan manisan atau dimakan langsung saat buah masih segar. Bukan hanya enak dikonsumsi, pohon kecapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Bahkan seluruh bagian pohon ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Berikut sejumlah khasiat buah kecapi bagi kesehatan tubuh: 

Mengontrol kadar gula darah

Buah kecapi bisa jadi makanan alternatif bagi penderita diabetes karena kandungan glikemiknya tergolong rendah. Disamping itu, buah kecapi juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan

Bersifat antioksidan

Buah kecapi mengandung vitamin C dan berbagai macam senyawa antioksidan yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Meurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memicu terjadinya berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung. Buah kecapi mengandung senyawa pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meredakan alergi

Alergi adalah salah satu penyakit yang tidak bisa hilang selamanya pada penderitanya. Tetapi alergi bisa dihindari dengan menjauhi pemicunya termasuk mengonsumsi makanan yang bisa meredakan alergi seperti buah kecapi.

Baca Juga: Punya Segudang Manfaat, Buah Kecapi Justru Mulai Terlupakan
Sekilas Tampak Sama, Kenali 7 Jenis Jambu Biji di Indonesia

Mencegah osteoporosis

Buah kecapi kaya akan kandungan fosfor dan kalsium. Keduanya merupakan zat mineral yang dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengatasi sembelit

Kandungan vitamin C dan serat yang tinggi pada buah kecapi dipercaya dapat mengatasi sembelit. Buah kecapi yang lunak dapat membantu mengubah tekstur feses yang keras sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Video Terkait