Hartuti, Krisan Potong dengan Kesegaran Lebih Lama

Krisan varietas Hartuti (Balitbang Pertanian)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 20 Januari 2021 | 11:15 WIB

SariAgri - Pemulia Tanaman dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan berbagai inovasi tanaman hias. Salah satunya bunga potong Krisan varietas Hartuti.

Varietas ini memiliki bunga tipe spray berbentuk tunggal dengan warna bunga pita pink (merah jambu). Tinggi tanaman krisan Hartuti antara 110-120 cm dengan jumlah bunga pita 22–26 per kuntum.

Krisan Hartuti memiliki sistem perakaran serabut dengan waktu inisiasi akar stek yang cepat. Tanaman ini berpotensi menghasikan 56-60 tangkai bunga per meter persegi per musim tanam. Batang tanaman berpenampang bulat berwarna hijau dengan daun berbentuk bercangap menyirip. 

Baca Juga: Hartuti, Krisan Potong dengan Kesegaran Lebih Lama
Strategi Antisipasi Dampak Perubahan Iklim pada Sektor Pertanian

Menurut laman Balitbang Pettanian, Krisan Hartuti merupakan turunan essensial dari varietas Dark Pink Mum melalui induksi mutasi sinar gamma. Dibandingkan varietas asalnya, pertumbuhan varietas ini sangat cepat. Batangnya sangat kuat dengan daun agak tebal untuk menunjang diameter bunga besar serta memiliki periode kesegaran bunga dalam ruangan (vase life) yang lebih lama.

Varietas Hartuti yang resmi dirilis Juli 2014 dengan Surat Ketetapan Menteri Pertanian nomor 049/Kpts/SR.120/D.2.7/7/2014 ini beradaptasi baik dan dapat dikembangkan secara komersial di daerah dengan ketinggian lokasi 700 – 1.200 meter diatas permukaan laut.