Penurunan Populasi Lebah Dunia Akan Mengganggu Produktivitas Tanaman Buah

Ilustrasi Kumbang Lebah (Pixabay)

Editor: Reza P - Selasa, 26 Januari 2021 | 14:00 WIB

SariAgri - Adalah sebuah fakta, banyak tanaman sangat bergantung pada proses alami penyerbukan lebah. Bahkan baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkap fakta adanya korelasi antara penyerbukan lebah dengan produktivitas tanaman.

Penelitian menyimpulkan, penurunan populasi lebah dapat mempengaruhi produktivitas sejumlah jenis tanaman.

Studi ini dilakukan sejumlah peneliti Rutgers University, dengan mengamati 131 peternakan di seluruh Amerika Serikat dan di British Columbia, Kanada. 

Para peneliti tersebut memeriksa penyerbukan serangga pada beberapa tanaman, dan menemukan bahwa proses penyerbukan setidaknya mempengaruhi empat jenis tanaman. Yaitu apel, blueberry, ceri manis, dan ceri asam,. Artinya, setiap penurunan penyerbuk akan berdampak dan mempengaruhi hasil produksi tanaman tersebut.

Ironisnya, menurut peneliti, penurunan populasi lebah madu di seluruh dunia sedang berlangsung, dengan jumlah kematian koloni yang tercatat secara teratur. Penurunan populasi itu juga terjadi pada lebah asli. 

Menurut para peneliti, lebah madu yang digunakan untuk penyerbukan buah-buahan ini adalah lebah madu Eropa, serangga yang bukan asli Amerika Utara, tetapi diimpor beberapa abad yang lalu. 

Amerika Utara memiliki banyak spesies lebah asli, yang seringkali menyendiri dan tidak membuat sarang besar. Hal ini membuat mereka kurang menarik bagi peternak lebah, mereka tidak mudah dikendalikan. Padahal banyak di antara lebah tersebut, terutama lebah kebun biru, adalah penyerbuk yang sangat efektif.

Studi baru ini menemukan bahwa spesies lebah asli memberikan jumlah penyerbukan yang sama seperti lebah madu Eropa. Dan lebah asli, juga berjuang untuk bertahan hidup, dengan jumlah populasi yang terus menurun atau berpindah ke wilayah utara sebagai respons terhadap perubahan iklim.

Baca Juga: Penurunan Populasi Lebah Dunia Akan Mengganggu Produktivitas Tanaman Buah
Penurunan Populasi Lebah Ganggu Produktivitas Tanaman Buah - Hortikultura

Karena lebah asli sebenarnya adalah penyerbuk yang lebih efisien daripada lebah madu Eropa, para peneliti menyarankan agar petani menjalankan praktik bertani yang dapat memberikan lingkungan yang nyaman bagi lebah asli.

Langkah itu diantaranya menanam bunga liar asli, mengurangi penggunaan pestisida tertentu, dan meninggalkan puing-puing yang disukai lebah asli untuk membangun sarang, seperti bongkahan kayu.

Video Terkait