Selain Bikin Lebih Bahagia, Ini 3 Manfaat Berkebun di Dalam Ruangan

Ilustrasi berkebun di dalam ruangan. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 19 Februari 2021 | 17:00 WIB

SariAgri - Berkebun di dalam ruangan memang memberikan sejumlah manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Warna-warni tanaman hias di dalam ruangan pastinya memanjakan mata dan menyejukan ruangan yang akhirnya bisa memberikan ketenangan. 

Penasaran apa saja manfaat berkebun di dalam ruangan, berikut ulasannya seperti yang diansir dari bloomscape.com:

1. Hilangkan stres dan memberi ketenangan

Pada tahun 2010, sebuah penelitian di Jepang mengeksplorasi efek Shinrin-yoku atau "mandi di hutan". Studi ini menyimpulkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat menurunkan tingkat stres, menurunkan tekanan darah dan memiliki efek relaksasi secara keseluruhan pada tubuh.

Namun, sebagian besar dari kita menghabiskan 85% waktu kita di dalam ruangan dan tidak dapat menjelajahi hutan setiap hari. Untungnya merawat tanaman hias di dalam ruangan menjadi salah satu alternatif untuk membawa suasana luar ke dalam sehingga menenangkan seperti di alam.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menunjukkan, interaksi aktif dengan tanaman hias seperti mencangkok, memangkas, menyentuh dan mencium, memiliki efek relaksasi dan pengurangan stres yang sama seperti menghabiskan waktu di hutan.

Jad, jika Sobat Agri sedang merasa stres, kewalahan atau dalam suasana hati yang buruk, coba pergi dan luangkan waktu sejenak untuk menikmati tanaman. 

2. Memperbaiki udara di dalam ruangan

Studi terkenal NASA menunjukkan bahwa salah satu manfaat luar biasa dari tanaman dalam ruangan adalah kemampuannya untuk meningkatkan kualitas udara.

Tumbuhan tidak hanya meningkatkan oksigen di rumah kita, tetapi sistem akarnya sangat efektif dalam menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap (VOC).

VOC seperti Benzene, Formaldehyde dan Trichlorethylene ditemukan dalam bahan sehari-hari, seperti cat, karpet dan plastik. NASA menemukan bahwa tanaman hias bertindak sebagai pembersih udara alami dan dapat menghilangkan hingga 87% racun dalam sehari.

3. Membuat lebih produktif dan kreatif

Sebuah studi Texas A&M menemukan bahwa memiliki tanaman dalam ruangan di tempat kerja sangat meningkatkan ide kreatif, memecahkan masalah dengan menemukan solusi, meningkatkan kognitif dan konsentrasi. 

Baca Juga: Selain Bikin Lebih Bahagia, Ini 3 Manfaat Berkebun di Dalam Ruangan
Pachira Aquatica, Pohon Uang Cina yang Dipercaya Sebagai Pembawa Rezeki

Sebuah studi serupa oleh University of Michigan juga menunjukkan, berada di sekitar tanaman meningkatkan retensi memori hingga 20%.

Nah, jika Sobat Agri merasa sulit fokus dan mendapatkan inspirasi, kamu mungkin bisa menambahkan beberapa tanaman ke kantor atau studio, agar ide kreatifitasmu bisa muncul dan beragam. 

Video Terkait