Selain Duku Palembang, Ini 4 Varietas Duku di Indonesia

Ilustrasi duku. (Foto: Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 23 Februari 2021 | 11:45 WIB

SariAgri - Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan buah Duku. Biasanya buah ini dikonsumsi sebagai pelengkap makanan utama.

Buah Duku tidak sulit ditemukan karena banyak ditanam di berbagai daerah Indonesia. Secara umum, nama varietas Duku yang dikenal di Indonesia berasal dari asal daerah Duku tersebut.

Dikutip dar buku Budidaya Duku, Berikut 4 varietas Duku di Indonesia:

1. Duku Palembang

Duku Palembang merupakan salah satu jenis duku yang dikenal masyarakat luas. Sesuai namanya, jenis duku ini dihasilkan dari daerah Sumatera Selatan.

Ciri-ciri fisik Duku palembang diantaranya memiliki kulit tipis, berwarna kuning langsat dan getahnya sedikit.

2. Duku Matesih

Nama duku ini diambil dari kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dibanding jenis Duku yang lain, Matesih mempunyai kekhasan tersendiri, yakni memiliki kulit buah yang tipis dan tidak bergetah.

3. Duku Sumber

Duku Sumber berasal dari kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Kelebihan duku ini adalah memiliki daging buah yang jernih dan rasa yang manis. Selain itu, buahnya hampir tidak berbiji.

Baca Juga: Selain Duku Palembang, Ini 4 Varietas Duku di Indonesia
Hijaukan Gunung Slamet, Aktivis Lingkungan Tanam Kopi



4. Duku Condet

Duku Condet merupakan salah satu jenis duku unggul yang berasal dari daerah sekitar condet, DKI Jakarta. Dibandingkan dengan duku Palembang, kualitas dan ukuran duku Condet masih kalah. Namun, duku ini memiliki rasa manis keasaman dan daging buahnya berwarna putih.

Video Terkait