Selain Cantik di Halaman, Tanaman Hutan Parijotho Miliki Banyak Manfaat

Tanaman Parijotho. (Istimewa)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 25 Februari 2021 | 20:00 WIB

SariAgri -  Parijotho merupakan tanaman yang tumbuh di hutan liar dengan daun lebar agak tebal dan kaya manfaat. Selain bisa dijadikan hiasan di halaman, ternyata sangat diperlukan pada saat acara-acara tertentu.

Parijotho, memiliki buah dan sangat dibutuhkan ketika ada acara tujuh bulanan atau mitoni di kalangan orang Jawa. Sebab buah dari tanaman ini menjadi campuran pembuatan rujak tingkeb, yaitu rujak yang dicacah atau dicincang halus semua buah-buahannya.

Dalam tradisi mitoni atau hamil tujuh bulan di kalangan masyarakat Jawa, maka akan membuat rujak, yang namanya rujak tingkeb. Buah Parijotho yang berwarna jingga ini, menjadi bagian dari isi dari rujak tingkeb tersebut.

Saat ini Parijotho bisa dibudidayakan atau di tanam di halaman rumah. Memiliki buah yang bergerombol, menjadikannya sedap dipandang. Warna merah mudanya sungguh memesona.

Tanaman ini banyak dijual juga di pedagang tanaman. Selain bisa dijadikan tanaman hiasan, buah parijotho ini memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Selain Cantik di Halaman, Tanaman Hutan Parijotho Miliki Banyak Manfaat
Mengenal Andaliman Bumbu Khas Tanah Batak yang Banyak Dicari Orang

Menanam tanaman Parijotho tidak sulit, Kita tinggal tanam busa di pot, di pollybag, atau pun di tanam langsung di kebun. Selain dapat diambil manfaatnya, tanamanini bisa menambah indah pekarangan rumah.

Berikut ini Manfaat Buah Parijotho:

- Meningkatkan Kesuburan
- Mengobati Sariawan
- Mengatasi Diare
- Sebagai Obat Kolesterol
- Mampu Menangkal Radikal Bebas
- Menambah Nutrisi Ibu Hamil
- Mampu Menurunkan Berat Badan