5 Tanaman Ini Sangat Cocok Dirawat Saat Musim Hujan

Ilustrasi tanaman marigold. (Foto: Freepik)

Editor: M Kautsar - Jumat, 26 Februari 2021 | 14:50 WIB

SariAgri - Musim hujan, nyamuk dan serangga biasanya berkembang biak lebih cepat. Terlebih jika Sobat Agri merawat tanaman di dalam pot dan terdapat genangan air.

Maka, merawat tanaman di musim hujan menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya nyamuk dan serangga bisa membawa penyakit bagi manusia. Misalnya nyamuk yang dapat menularkan penyakit demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Lalu ada serangga seperti lalat juga bisa menyebarkan penyakit. Gigitan serangga yang lain juga dapat menyebabkan iritasi di kulit.

Melansir berbagai sumber, berikut lima tanaman yang sangat cocok dirawat saat musim hujan,

1. Marigold

Tanaman satu ini memiliki bunga berwarna emas yang indah. Namun aroma bunga tidak disukai oleh kutu dan nyamuk.

Letakkan tanaman marigold di sudut dekat pintu atau jendela guna mencegah kutu dan nyamuk masuk ke rumah.

Perawatan marigold tidaklah sulit. Cukup disirami dengan teratur tapi jangan berlebihan.

2. Krisan

Bunga dari tanaman krisan ini tak kalah indah dan memiliki warna cerah. Bunga krisan dapat memberikan sentuhan unik pada dekorasi rumah.

Krisan juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengusir serangga seperti semut, kumbang, kecoak, gegat, kutu busuk, tungau laba-laba, dan kutu.

3. Rumput serai

Aroma segar dari rumput serai dapat mengusir nyamuk secara alami. Tanaman yang beraroma seperti lemon ini juga dapat menjauhkan serangga lain.

4. Kemangi

Memiliki aroma yang menyengat dan beracun membuat larva, nyamuk, dan serangga lain tidak menyukai daun kemangi.

Tak hanya bermanfaat untuk usir hama, daun kemangi juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kesehatan. Contohnya bila daun kemangi dikonsumsi bersama madu dapat menyembuhkan batuk.

5. Daun mint

Terakhir ada tanaman daun mint yang memiliki aroma menyengat. Aroma tersebut tidak disukai banyak serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut.

Tanaman ini mengandung minyak esensial yang dapat meredakan gigitan serangga. Ada baiknya menanam daun mint di dalam pot bunga.

Video Terkait