Banyak Khasiat, Begini Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah

Ilustrasi jahe (Foto: Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Redaksi Sariagri - Minggu, 28 Februari 2021 | 20:00 WIB

SariAgri - Menanam jahe di pekarangan rumah sangat mudah dan bermanfaat. Apalagi, untuk menanam tanaman ini hanya membutuhkan kesabaran dan sedikit air.

Selain memiliki nilai ekonomi, jahe juga bermanfaat bagi kesehatan seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi dan lain-lain.

Berita Hortikultura - Baca Juga: Tren Tanaman Hias Janda Bolong Diprediksi Tak Akan Lama
Teh Tambi dan Pagilaran, Varietas Unggul dari Balittri

Berikut langkah-langkah dalam menanam tanaman jahe di rumah dikutip dari wikihow.com:

1. Mulai di awal musim hujan

Jahe adalah tanaman tropis yang tidak tahan cuaca dingin ekstrem. Awal musim hujan merupakan waktu terbaik untuk melakukan penanaman. Selain di pekarangan, jahe juga bisa ditanam di dalam ruangan.

2. Pilih bibit jahe berkualitas

Ada banyak jenis jahe yang bisa dipilih untuk ditanam. Untuk menanam varietas yang paling umum yaitu Zingiber officinale dapat dengan mudah didapatkan di toko bahan makanan.

3. Potong rimpang jahe

Jika ingin menanam lebih dari satu tanaman, potong jahe dengan pisau atau gunting yang sudah dibersihkan. Setiap potongan dengan lebar minimal 2,5 cm dengan satu mata atau lebih dapat tumbuh menjadi tanaman terpisah.

Setelah dipotong, biarkan potongan di tempat yang kering selama beberapa hari hingga membentuk kapalan pelindung di atas permukaan potongan yang mengurangi risiko infeksi.

4. Siapkan tanah

Jahe tumbuh subur di tanah berkualitas tinggi dan memiliki drainase yang baik. Mencampur tanah kebun dengan jumlah yang sama dengan kompos bisa membantu pertumbuhan tanaman. Jika kualitas tanah buruk atau tanah liat, beli tanah pot yang subur sebagai penggantinya.

5. Tentukan lokasi

Baca Juga: Banyak Khasiat, Begini Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah
'Ratu Benih' Palestina Bawa Labu Yakteen ke Tanah Pertanian Amerika

Jahe lebih menyukai tempat teduh parsial atau area dengan sinar matahari pagi saja. Lokasi tumbuh harus terlindung dari angin dan lembab, tetapi tidak rawa. Jika tanaman jahe belum berkecambah, suhu tanah harus hangat idealnya antara 22-25C.

6. Tanam jahe

Tanam setiap potongan jahe 2–4 inchi (5–10 cm) di bawah tanah gembur dengan kuncup mengarah ke atas. Jika menanam dalam barisan, pisahkan setiap bagian 8 inchi (20 cm). Jika menanam dalam pot, tanam satu buah per pot besar (diameter 14 inchi/35 cm).

Berita Hortikultura : Petani Milenial Solusi Ketahanan Pangan

Video Terkait