4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Buah Alpukat. (Freepik)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 1 Maret 2021 | 18:20 WIB

SariAgri -  Tumbuhan alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Kini, buah ini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Alpukat pun seringkali disebut superfood karena kandungannya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi beberapa masakan, membuat alpukat banyak digemari.

Sayangnya, setelah Alpukat dikupas, Sobat Agri harus segera mengonsumsi atau mengolahnya. Sebab, daging alpukat yang kuning hijau akan cepat berubah cokelat.

Melansir Foxnews, mengonsumsi Alpukat yang sedikit berbintik-bintik dan sudah sudah berubah warna, tentunya tidak akan memberikan efek negatif apalagi penyakit. Tetapi, jika disajikan akan terlihat kurang bagus.

Mengapa alpukat cokelat? Alpukat mengandung enzim polifenol oksidase yang berfungsi mengubah daging berwarna cokelat saat terpapar udara atau lebih spesifik lagi bila terkena oksigen.

Berita Hortikultura - Baca Juga: Potong Alpukat dengan 'Teknik Nyeleneh', Pria Ini Dianggap Psikopat
Ini Efek Menakjubkan Bagi Tubuh Jika Konsumsi Alpukat Setiap Hari

Maka, untuk menjaga tetap berwarna kuning hijau, daging alpukat perlu dilindungi dari paparan oksigen. Solusi yang akan diberikan memang tidak akan bertahan lama. Daging yang terpapar akan menjadi cokelat setelah jangka waktu tertentu.

Tapi, metode berikut ini akan membantu memperpanjang waktu penyimpanan tanpa khawatir akan berubah cokelat. Berikut tips agar daging buah alpukat tidak berubah warna kecokelatan,

1. Tutup dengan bungkus plastik

Setelah alpukat dipotong, cepat-cepat bungkus dengan plastik. Tapi pastikan membungkus dengan hati-hati terutama saat menempel di daging.

Sobat Agri bisa memilih sekalian membungkus atau membuang bijinya. Kalau pilih dibuang, pastikan sedikit menekan bungkus plastik di lubang bekas biji agar ketat.

2. Beri sedikit jeruk

Buah jeruk secara alami mengandung antioksidan kuat yang berfungsi melawan oksigen untuk memperlambat kerusakan atau kecokelatan pada makanan tertentu.

Cukup oleskan sedikit lemon di daging alpukat yang sudah diiris, segel dalam wadah kedap udara, dan seharusnya menunda proses perubahan warna menjadi cokelat selama sekitar satu hari.

3. Oleskan minyak

Minyak juga akan membantu menghambat oksigen mencapai daging alpukat. Oleskan area yang terpapar dengan minyak zaitun atau nabati untuk membuat penghalang, lalu segel dalam wadah kedap udara. Cara tersebut akan menahan daging berubah menjadi cokelat sekitar satu hari atau lebih.

Baca Juga: 4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

4. Simpan di dekat bawang merah

Bawang merah tak hanya berfungsi menambah kelezatan alpukat saat dibuat guacamole, juga bermanfaat mencegah daging alpukat berwarna cokelat. Bawang mengandung senyawa sulfur yang jika dilepaskan akan memperlambat oksidasi.

Letakan irisan bawang merah ke wadah plastik yang sudah terdapat potongan alpukat. Kemudian tutup agar kedap udara dan letakkan di lemari pendingin.

Food Estate & Berita Pangan : Durasi Paling Tepat Untuk Memasak Sayuran

Video Terkait