Berkebun Jadi Tren, Ini 5 Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Rumah

Ilustrasi buah tomat (Foto: Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 2 Maret 2021 | 14:40 WIB

SariAgri - Pandemi COVID-19 memang membuat kegiatan di luar rumah menjadi terbatas, tak heran jika hal tersebut kerap membuah bosan dan jenuh. 

Sebagian masyarakat pun akhirnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk berkebun. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Landscape and Urban Planning, berkebun di rumah adalah kegiatan yang bisa meningkatkan suasana hati seseorang.  Efek positif terhadap suasana hati yang didapatkan dari berkebun bahkan sama dengan tipe olahraga umum, seperti bersepeda dan jalan kaki.

Tak hanya itu saja Sobat Agri, berkebun di rumah juga dapat mengajarkan anak-anak beraktivitas di luar ruangan, memberikan pembelajaran baru bagaimana menyiapkan tanah dan pupuk, menyiram tanaman dan panen. Kegiatan tersebut menciptakan gerakan-gerakan pada anak sehingga dapat berkembang dengan optimal.

Beetlestone (2012) juga menyebut, berkebun dapat meningkatkan perkembangan fisik anak, karena memiliki banyak ruang untuk bergerak dan melatih tubuh mereka dengan gerakan-gerakan skala besar seperti menggali, menggaruk, berlari dan membungkuk.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ide tanaman untuk berkebun di halaman rumah.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanam di rumah. Hal ini dikarenakan proses penanaman dan pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit. Perlu diperhatikan, tanaman bayam ini akan tumbuh pada lingkungan yang lembab. Sehingga kamu perlu menjaga kelembaban
dengan rutin menyiraminya.

2. Daun Bawang

Daun bawang adalah sayuran serbaguna yang tidak memerlukan banyak perawatan, tetapi cepat tumbuh. Satu polybag bisa untuk menanam maksimal dua batang. Tanaman ini tak membutuhkan kadar air yang banyak, tetapi tidak boleh kekurangan karena dapat mengganggu pertumbuhan.

3. Sawi

Meski relatif mudah, menanam sawi harus berada di lahan terbuka. Jika daerah tanam cenderung dingin pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung. Sebaliknya jika daerah tanam panas, letakkan tanaman di bawah pepohonan rindang atau area yang memiliki atap. Pastikan tanah tetap lembab merata dengan penyiraman ringan.

4. Cabai

Tanaman cabai bisa tumbuh jika ditanam di pot yang ukurannya kecil, tapi hasilnya tidak akan maksimal. Jangan lupa memilih pot plastik atau keramik yang memiliki lubang di bagian dasar untuk drainase. Siram secukupnya tiga kali sehari atau setiap hari saat kemarau. Jika ditanam
pada tanah pekarangan jarak antar bibit 7-10 cm.

Baca Juga: Berkebun Jadi Tren, Ini 5 Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Rumah
Serikat Petani Mengeluh Harga Sayuran Masih Anjlok Padahal NTP Naik

5. Tomat

Tanaman tomat akan tumbuh dengan baik ditempat yang banyak sinar matahari. Selain itu, tanaman tomat perlu diletakkan dalam pot yang cukup besar. Penyangga juga diperlukan agar tanaman dapat berdiri tegak.

Kegiatan berkebun tidak hanya jadi kegiatan produktif yang menyenangkan, tetapi juga menghasilkan uang. Apalagi jika hasil dari berkebun melimpah, selain dapat langsung digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, kita juga bisa memasarkannya ke tetangga, teman atau saudara.

Video Terkait