10 Tanaman Cantik Ini Ampuh Bersihkan Udara di Ruangan

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 5 Maret 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Memiliki rumah yang bersih, sejuk dan sehat adalah dambaan semua orang. Terlebih bagi mereka yang bertempat tinggal di perkotaan, padat penduduk atau daerah industri.

Tak ayal, kondisi tersebut memberi dampak negatif bagi kualitas udara. Bukan rahasia lagi jika polusi udara dapat membawa berbagai macam penyakit, salah satunya masalah pernapasan. Hampir setengah kematian akibat pneumonia pada anak dibawah 5 tahun, disebabkan oleh partikel yang dihirup dari polusi dalam rumah.

Oleh karena itu, Sobat Agri tidak boleh menyepelekan polusi udara. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut, di antaranya adalah dengan memelihara tanaman.

Beberapa tahun lalu, lembaga The National Aeronautics and Space Administration (NASA) menemukan ada beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan senjata untuk melawan polusi udara, seperti:

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Memiliki tampilan yang unik dan mudah dirawat, tanaman ini bisa menyerap benzena, formalin dan bahan kimia berbahaya lainnya yang ada di udara sekitar. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati luka akibat sengatan matahari.

2. Lidah mertua

Selain lidah buaya, ada juga lidah mertua yang sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman pembersih udara. Ia mampu membersihkan udara dari karbonmonoksida, nikotin, benzene, dioksin, formalin dan masih banyak lagi. Fakta menariknya, 5-6 lembar daun dari lidah mertua dewasa dapat membersihkan udara di ruangan dengan ukuran hinggai 100 meter kubik.

3. Lili Paris

Chlorophytum comosum atau yang dikenal sebagai lili paris di Indonesia, adalah tanaman pembersih udara yang bisa menghempaskan zat beracun seperti formaldehida dan xylene. Perawatannya juga sederhana karena hanya perlu disemprot sedikit air di pagi hari dan tidak memerlukan cahaya sinar matahari langsung.

4. Bambu Jepang

Bambu jepang adalah tanaman pembersih udara yang memiliki ukuran dan warna beragam. Ia juga berperan dalam menghilangkan zat beracun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, hingga trichlorethylene. Namun jangan lupa untuk jauhkan bambu jepang dari hewan peliharaan karena akan mengalami muntah.

5. Sirih Gading

Tanaman sirih gading juga bisa membersihkan udara di rumah dari zat beracun formaldehida, xylene, benzene, karbon monoksida. Cara merawatnya juga mudah, siram dengan air jika tanah di pot sudah kering. Jangan sampai daun tumbuhan ini dimakan oleh hewan peliharaan, karena beracun dan bisa menimbulkan efek samping.

6. Palem Kuning

Meski ukurannya kecil, palem kuning bisa menyerap benzene, karbon monoksida, formaldehida, hingga xylene dari udara di rumah. Tanaman pembersih udara yang berasal dari Madagaskar ini lebih mudah tumbuh di area terang. Maka dari itu, letakkan palem kuning di tempat yang lampunya selalu menyala.

7. Krisan

Bunga asal Jepang ini dianggap mampu menyerap amonia (senyawa kimia campuran nitrogen dan hidrogen). Selain itu, tanaman ini juga bisa menghilangkan zat beracun formaldehida, xylene, sampai benzene dari udara. Letakkan bunga krisan di tempat yang disinari sinar matahari yang cukup, seperti area jendela atau teras rumah.

8. Palem Bambu

Palem bambu suka tempat yang terang, tapi tidak boleh langsung terpapar sinar matahari. Tanaman yang bisa tumbuh tinggi ini dapat mengeliminasi zat beracun formaldehida, benzene, karbon monoksida, xylene, hingga khloroform dari udara.

Baca Juga: 10 Tanaman Cantik Ini Ampuh Bersihkan Udara di Ruangan
5 Tanaman Hias Ini Bisa Bikin Dapur Lebih Cantik

9. Daun Ivy

Tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Barat ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Ia dikenal memiliki kemampuan membersihkan udara dari benzene, karbon monoksida, formaldehida, hingga trichlorethylene. Namun yang perlu diwapadai, daun ivy sangat beracun untuk manusia dan hewan peliharaan. Jauhkan dari anak-anak, karena getahnya dapat menyebabkan dermatitis kontak.

10. Sri Rejeki

Tak hanya cantik dijadikan dekorasi ruangan, tanaman sri rejeki juga dapat membersihkan udara. Kemampuannya dalam menghilangkan benzene, karbon monoksida dan formaldehida juga dianggap sebagai nilai plus. Jauhkan tumbuhan pembersih udara ini dari anjing peliharaan. Sebab jika terpapar, ada efek samping berbahaya yang bisa muncul.

Video Terkait