Jagung atau Pisang? Ini 5 Buah yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Ilustrasi buah karbohidrat tinggi (Foto:Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 5 Maret 2021 | 15:50 WIB

SariAgri - Dalam menjalankan aktivitas, manusia memerlukan energi dalam tubuhnya. Salah satu sumber energi yaitu karbohidrat.

Perlu diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kira-kira 80 persen kalori yang didapat tubuh berasal dari karbohidrat.

Peran karbohidrat begitu penting bagi tubuh manusia. Ternyata ada buah yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memenuhi kecukupan makanan.

5 buah ini yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti dikutip dari medical news today:

1. Kurma

Masyarakat Tanah Air sudah tak asing dengan kurma, biasanya buah ini banyak dikonsumsi saat bulan puasa.

Kandungan karbohidrat kurma tergolong tinggi, yakni 17,99 gram untuk setiap 100 gramnya. Buah ini juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin A.

2. Jagung

Jagung merupakan sayuran yang cukup populer dan dinikmati sepanjang tahun sebagai pelengkap makanan atau salad. Jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 protein untuk setiap 100 gramnya. Ini juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang banyak.

Menurut sebuah penelitian, jagung bermanfaat untuk kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan dan bisa dijadikan cemilan yang enak saat waktu senggang. Satu pisang ukuran sedang mengandung 26,95 gram karbohidrat. Buah ini juga kaya akan kalium, vitamin A dan vitamin C.

Baca Juga: Jagung atau Pisang? Ini 5 Buah yang Mengandung Karbohidrat Tinggi
Rutin Konsumsi Makanan Alami Ini, Dijamin Bau Badan Hilang

Pisang memiliki kandungan kalium. Ini baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

4. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling mudah didapatkan. Biasanya dikonsumsi sebagai hidangan penutup. Satu apel ukuran sedang mengandung 25,13 gram karbohidrat. Buah ini juga menyediakan vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat.

Menurut sebuah penelitian, apel dapat menurunkan risiko kematian terkait penyakit, seperti kanker.

5. Mangga

Mangga merupakan buah-buahan tropis yang manis. Buah ini memiliki tekstur daging buah yang lembut sehingga lezat untuk dikonsumsi Satu mangga ukuran sedang mengandung 24,72 gram karbohidrat. Buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium dan serat.