9 Kehebatan Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi buah murbei. (Freepik)

Editor: Dera - Sabtu, 6 Maret 2021 | 18:00 WIB

SariAgri - Buah murbei mungkin masih asing didengar masyarakat Indonesia. Padahal, buah murbei kaya akan nutrisi penting bagi tubuh serta memiliki rasa yang manis dan segar.

Meski bentuknya mirip dengan blackberry dan raspberry, namun murbei tidak termasuk golongan berry. Teksturnya sangat mirip dengan buah blackberry, sedangkan rasanya yang manis dan kering hampir sama seperti kismis.

Melansir Healthline, terdapat banyak manfaat buah murbei bagi kesehatan. Pasalnya buah ini kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin C, vitamin K, kalium dan kalsium. Berikut manfaatnya:

1. Mempertajam penglihatan

Mengonsumsi buah murbei secara rutin dapat membantu mempertajam penglihatan. Buah murbei memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan dan meredakan ketegangan mata. Selain itu, vitamin A juga melindungi mata dari radikal bebas yang umumnya menjadi penyebab penurunan penglihatan dan degenerasi retina.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah murbei secara signifikan dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga distribusi oksigen ke jaringan dan sistem organ menjadi semakin lancar. Terjaminnya proses distribusi oksigen ini, organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dari buah ini bisa menjadi senjata untuk melawan infeksi virus atau bakteri asing sehingga membuat daya tahan tubuh optimal. Vitamin tersebut tidak disimpan atau diproduksi dalam tubuh sehingga perlu mendapatkannya dari makanan sehari-hari, seperti dari buah murbei. Secangkir buah murbei dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti buah dan sayuran lainnya, buah murbei juga mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Konsumsi serat yang memadai dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan kram perut.

5. Menjadikan kulit awet muda

Buah murbei kaya akan antioksidan yang merupakan agen antipenuaan, sehingga menjaga kulit Sobat Agri bebas dari kerutan. Antioksidan dalam buah murbei, seperti beta-karoten, mampu menetralkan radikal bebas yang merusak kulit. Tidak hanya itu, buah murbei juga menyediakan vitamin A, C dan E yang dapat meminimalisir keriput di wajah.

6. Merawat kulit kering dan sensitif

Kekurangan vitamin A dan E bisa menyebabkan kulit kering. Buah murbei kaya akan vitamin-vitamin tersebut sehingga membantu menghaluskan kulit karena buah ini bekerja melembabkan kulit dari dalam. Ekstrak akar buah murbei juga dapat meredakan iritasi kulit.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah murbei bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan buah ini dapat mengurangi lemak berlebih dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mencegah penyumbatan dalam aliran darah. Jadi, risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.

Baca Juga: 9 Kehebatan Buah Murbei Bagi Kesehatan Tubuh
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

8. Memperbaiki kondisi rambut

Buah murbei dikenal dapat membantu produksi melanin pada rambut. Hal ini memungkinkan mempertahankan warna alami rambut. Konsumsi buah murbei secara teratur dapat membuat rambut tetap sehat. Bahkan, Sobat Agri dapat mengoleskan buah murbei yang telah dihaluskan ke rambut untuk mempercepat pertumbuhannya.

9. Menguatkan tulang

Buah murbei juga mengandung magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin K yang bermanfaat untuk membangun jaringan tulang. Tidak hanya itu, konsumsi buah murbei juga dapat mempercepat proses penyembuhan tulang, mempertahankan tulang yang kuat, dan mencegah kerusakan karena degradasi tulang sehingga bisa terhindari dari gangguan tulang dan osteoporosis.

Video Terkait