Agrowisata Klengkeng Borobudur Bisa Jadi Percontohan Daerah Lain

Anggota TNI Anggota Kodim 0705 Magelang, Serda Mugiyanto (Foto: Youtube/Kementerian Pertanian RI)

Penulis: M Kautsar, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 8 Maret 2021 | 20:10 WIB

SariAgri - Ketua DPD, La Nyala Mahmud Mattalitti memberikan apresiasi agrowisata Kebun Klengkeng Borobudur milik penyandang disabilitas yang juga anggota Koramil Borobudur, Kopka Mugiyanto.

“Apa yang dilakukan anggota Koramil Boroudur ini pantas diapresiasi dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain,” kata La Nyala, Senin (8/3).

Sebab, selain mempertahankan ketahanan pangan lanjut La Nyala, agrowisata kebun klengkeng ini juga bisa meningkatkan taraf ekonomi petaninya.

"Mugiyanto juga memiliki petani binaan di Kabupaten Magelang yang turut mensupport kekurangan kebutuhan kelengkeng di sini. Hal ini membuat petani kelengkeng terbantu. Karena mereka juga mendapatkan pasar baru," ucap dia.

La Nyala mengatakan, pengelolaan kebun kelengkeng berbasis agrowisata ini merupakan model pengembangan budi daya kelengkeng berbasis kawasan. Sehingga, memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar.

"Diharapkan model pengembangan ini menjadi inspirasi bagi para pemuda tani di Magelang dan bahkan dapat dikembangkan di desa-desa di seluruh Indonesia," kata dia.

Dia pun mendukung rencana Mugiyanto yang akan melakukan perluasan kawasan kebun kelengkeng dengan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

"Sebenarnya masyarakat petani banyak yang ingin membudidayakan tanaman kelengkeng. Namun banyak yang mengalami hambatan penyediaan bibit, juga cara perawatan dan pengembangannya," ucap dia.

Video Terkait