Tak Hanya Diabetes, Labu Siam Juga Cegah Penuaan Dini Lho!

Ilustrasi Labu Siam. (Freepik)

Editor: Dera - Senin, 8 Maret 2021 | 19:40 WIB

SariAgri - Siapa yang tidak mengenal labu siam? sayuran ini kerap dijadikan menu masakan yang sangat nikmat, seperti lontong sayur, sayur lodeh, sayur bening, tumisan hingga lalapan.

Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, sayuran ini ternyata mengandung nutrisi dan senyawa antioksidan. Dua hal ini yang mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Healthline, berikut 7 manfaat labu siam untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Mengurangi risiko kanker

Labu siam menyimpan senyawa myricetin yang bersifat antikanker dan antiinflamasi yang kuat. Selain itu, antioksidan dalam labu siam juga akan menangkal radikal bebas sehingga tidak memberi dampak buruk pada tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sayuran ini mengandung folat sebanyak 23%, selain itu juga ada kandungan vitamin B yang cukup besar. Kandungan folat dan vitamin B akan membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Oleh karena itu mengonsumsi labu siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mengontrol gula darah

Dalam sebuah penelitian dalam laman Healthline, labu siam memiliki senyawa yang bisa berperan mengurangi aktivitas enzim yang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Ia memiliki rendah karbohidrat dan tinggi serat. Kombinasi keduanya dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah dan melawan resistansi insulin tubuh.

4. Menutrisi ibu hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat. Ia memiliki peranan penting untuk melancarkan proses pembelahan sel, perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi 100 gram labu siam dapat memenuhi sekitar 23 persen asam folat yang dibutuhkan tubuh.

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Labu siam mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan flavonoid yang ada dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat berbahaya seperti Reactive Oxygen Species (ROS), yakni suatu zat yang berasal dari oksigen reaktif yang dapat membahayakan tubuh, sekaligus menghambat radikal bebas penyebab penuaan dini.

Baca Juga: Tak Hanya Diabetes, Labu Siam Juga Cegah Penuaan Dini Lho!
Tips Lengkap dari Pakar Bagi Pemula yang Ingin Mulai Berkebun di Rumah

6. Mengurangi penumpukan lemak dalam hati

Lemak yang banyak di dalam hati bisa mempengaruhi kinerja hati. Dalam sebuah penelitian dalam laman Healthline, ekstrak labu siam bisa melindungi penumpukan lemak di hati. Hal itu berpotensi mencegah penyakit hati. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal tersebut.

7. Menurunkan berat badan

Labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan tetapi tinggi akan serat, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk proses penurunan berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat perut terasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi juga bisa meningkatkan hormon yang membuat perutmu selalu penuh, seperti hormon peptide YY.