Tidak Hanya Jadi Penghias Rumah, Tanaman Pucuk Merah Ternyata Kaya Manfaat

Ilustrasi Tanaman Pucuk Merah (Istimewa)

Editor: Reza P - Rabu, 17 Maret 2021 | 18:10 WIB

SariAgri - Jika Sobat Agri merupakan salah satu penggemar tanaman hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman pucuk merah. Tanaman hias yang memiliki nama latin Syzygium sinubanense ini masuk ke dalam golongan Myrtaceae.

Tanaman yang tumbuh rapat antara satu dengan yang lainnya serta memiliki warna daun pucuk berwarna merah khas ini ternyata memiliki banyak manfaat. Senyawa alami yang terkandung didalamnya berpotensi bisa dijadikan obat herbal.

Melansir dari laman Nparks, beberapa jenis senyawa bioaktif yang ada pada pucuk merah, seperti fenol, flavonoid, asam betulinat, alkaloid, triterpenoid, steroid, dan saponin. Karena kandungan senyawa bioaktif yang cukup beragam, maka tidak mengherankan jika banyak yang memanfaatkan pucuk merah untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Untuk Sobat Agri yang penasaran dan ingin tahu apa saja manfaat pucuk merah yang bisa didapatkan, berikut ulasannya.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan senyawa asam betulinat dan triterpenoid dalam ekstrak pucuk merah bisa membantu membunuh sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya, khususnya sel kanker payudara.

Namun, sayangnya temuan ini masih perlu diteliti lebih dalam lagi, sehingga sangat memungkinkan jika kelak pucuk merah bisa menjadi salah satu obat kanker payudara yang ampuh.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Ada sebuah riset yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa pucuk merah bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Manfaat ini diduga datang dari senyawa aktif steroid dan terpenoid yang ada dalam ekstrak pucuk merah. Namun, riset ini masih dalam penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikannya.

Menurunkan Kadar Asam Urat

Kandungan tanaman pucuk merah ternyata mirip dengan kandungan pada daun salam yang juga memiliki banyak khasiat.

Selain itu, ada kesamaan antara daun salam dan tanaman pucuk merah yang banyak diyakini dalam pengobatan tradisional, yaitu menurunkan kadar asam urat pada pengidap penyakit ini.

Memperkuat Imun

Mengutip Science Alert, manfaat pucuk merah selanjutnya datang dari kandungan antioksidan di dalamnya, yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih.

Ingat, kerusakan ini bisa terjadi di mana di dalam tubuh, termasuk organ dan sel-sel imun. Dengan dosis yang tepat, maka tanaman ini akan mampu melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Baca Juga: Tidak Hanya Jadi Penghias Rumah, Tanaman Pucuk Merah Ternyata Kaya Manfaat
5 Manfaat Luar Biasa dari Teh Daun Kelor

Kerusakan oksidatif juga bisa terjadi pada berbagai organ tubuh, yang kemudian menyebabkan terganggunya metabolisme, sistem peredaran darah, hingga regenerasi sel.

Mencegah penyakit bawaan makanan

Kandungan senyawa antimikroba dalam pucuk merah juga diketahui mampu melindungi tubuh dari keracunan makanan akibat kontaminasi bakteri. Manfaat pucuk merah ini didukung oleh riset yang menunjukkan bahwa senyawa dalam tanaman ini efektif membunuh bakteri Salmonella dan E. Coli.

Video Terkait