3 Buah Terbaik yang Bikin Gigi Sehat dan Senyum Semakin Indah

Ilustrasi buah-buahan. (Unsplash)

Editor: Dera - Sabtu, 20 Maret 2021 | 18:00 WIB

SariAgri - Mempunyai gigi yang sehat pastinya akan membuat senyumanmu semakin indah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan gusi pun menjadi penting dilakukan. 

Para ahli mengatakan konsumsi buah-buahan yang tepat ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi, termasuk mengatasi permasalahan gusi.

Pensaran buah apa saja yang direkomendasikan para ahli tersebut? yuk simak ulasannya seperti dilansir Live Strong.

Makanlah buah yang tidak menempel di gigi

Apel, pir dan anggur adalah pilihan buah terbaik untuk mendapatkan gigi sehat. Dr. Patel, DDS, dari Green Dentistry San Francisco menyebut buah-buahan ini tidak menempel pada gigi kamu.

"Selama makanan tidak menempel di gigi, kamu akan baik-baik saja," katanya.

Contoh buah yang akan menempel di gigi adalah pisang. Menurut Dr. Patel, makanan apa pun yang mudah tergantung di alur dan celah gigi akan memicu bakteri mulut berkembang dan itu dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Pilih buah yang membuat kenyang

Apel dan pir juga mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan karena mengandung serat. Menurut catatan USDA, satu apel ukuran sedang memiliki 5 gram serat dan satu buah pir memiliki 6 gram serat dan kandungan serat tersebut dapat membuat kita kenyang.

"Saat makan makanan yang mengenyangkan, kamu cenderung tidak akan terus ngemil sepanjang hari. Ini membuat pH mulut lebih rendah dan meminimlaisir gigi berlubang," kata Dr. Patel.

Meskipun buah anggur tidak akan menempel pada gigi, buah ini tidak kaya akan serat. Satu cangkir anggur hanya mengandung 1 gram serat. Di antara jenis buah, apel dan pir mungkin mengungguli buah-buahan lain dalam hal membuat perut kenyang.

Baca Juga: 3 Buah Terbaik yang Bikin Gigi Sehat dan Senyum Semakin Indah
Ingin Jalani Diet Sehat? Ini 10 Makanan yang Perlu Kamu Konsumsi

"Lebih baik makan tiga kali sehari dan dua apel untuk camilan," kata Dr. Patel.

Makanlah buah-buahan yang menghindari peradangan gusi

Dalam studi yang diterbitkan Januari 2018 di BDJ Open, peneliti membagi 30 orang sehat menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan buah apel dan pir ke dalam makanan dan yang lainnya menambahkan kacang-kacangan.

Meskipun orang-orang dalam kelompok buah-buahan makan lebih banyak fruktosa atau sejenis gula, gusi mereka menjadi relatif lebih sehat selama periode penelitian dua bulan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran berkorelasi dengan gusi yang lebih kuat. Ini mungkin ada hubungannya dengan kandungan mikronutrien.

Video Terkait