3 Manfaat untuk Kesehatan Teh Cascara yang berasal dari Biji Kopi

Ilustrasi Teh Cascara. (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 Maret 2021 | 20:10 WIB

SariAgri -  Kulit biji kopi yang dikeringkan kemudian dijadikan teh, tengah digandrungi masyarakat dunia. Terutama di kalangan kedai teh dan kopi di seluruh Amerika.

Teh ini bernama teh cascara atau lebih dikenal dengan nama coffee cherry tea di Amerika Serikat. Teh cascara sebenarnya sudah lama disajikan di Yaman dan Ethiopia.

Melansir verywellfit, teh cascara mengeluarkan aroma biji kopi dari sekam (kulit ari). Tak hanya itu, teh hasil seduhan cascara ini mempunyai beragam cita rasa, mulai dari apel, buah persik, kayu manis, hingga kulit jeruk.

Perbedaan rasa tersebut dipengaruhi tempat penanaman, cara panen, dan proses pengolahan biji kopi.

Berikut manfaat teh cascara bagi kesehatan:

1. Sumber antioksidan dan mencegah penyakit kronis

Teh cascara mengandung antioksidan, khususnya polifenol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cascara mengandung antioksidan 50% lebih banyak daripada cranberry.

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan polifenol dalam jangka panjang bisa memberikan perlindungan dari radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif.

Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh terlalu banyak, maka terjadi kerusakan sel dan fungsi tubuh menurun. Akibatnya, tubuh akan mengalami penyakit dan masalah medis.

Baca Juga: 3 Manfaat untuk Kesehatan Teh Cascara yang berasal dari Biji Kopi
Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian

Berikut beberapa penyakit kronis yang terkait radikal bebas dan stres oksidatif:

Kanker
- Penyakit kardiovaskular (jantung)
- Diabetes
- Osteoporosis
- Penyakit neurodegeneratif (Parkinson, Alzheimer).

2. Mengatasi sembelit

Cascara sagrada juga dapat memberikan manfaat dalam pengobatan sembelit. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian terbatas yang membuktikan bahwa mengonsumsi teh cascara mampu mengatasi sembelit.

3. Menurunkan berat badan

Sebagian orang menggunakan cascara sagrada sebagai herbal penurun berat badan, khususnya sebagai pencahar untuk merangsang aktivitas usus. Namun, ahli kesehatan menyarankan memerhatikan dan konsultasi dengan dokter.

Video Terkait