3 Penyakit pada Kedelai, Begini Cara Pengendaliannya

Ilustrasi tanaman kedelai terserang penyakit (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 23 Maret 2021 | 07:00 WIB

SariAgri -  Kedelai merupakan salah satu tanaman yang sudah tidak asing bagi masyarakat Tanah Air. Bagian polongnya, biasa diolah menjadi bahan baku pembuatan kecap, tempe dan tahu.

Sama seperti pada tanaman pangan lainnya, budidaya kedelai juga bisa terserang berbagai penyakit. Serangan ini dapat menyebabkan penurunan hasil produksi.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis-jensi penyakit yang menyerang kedelai. Sobat Agri ingin tahu jenis penyakit serta pengendalian tanaman kedelai?

Berikut 3 penyakit kedelai serta pengendaliannya, dikutip dari laman Intsagram Kementerian Pertanian:

1. Penyakit Busuk Akar

Penyakit busuk akar disebabkan oleh jamur yang menyerang biji sebelum dan sesudah munculnya dipermukaan tanah. Pembusuan pada akar dan batang menyebabkan tanaman menjadi layu saat perkecambahan dan tanaman dewasa.

Gejala yang disebabkan penyakit ini adalah pinggiran daun menjadi kuning, lalu menjadi layu. Pengendalian dapat menggunakan fungisida berbahan aktif mankozeb tiofanat, Klorofatalonit dan Benomil.

2. Penyakit Busuk Batang

Penyakit busuk batang disebablan oleh cendawan Sclerotium rolfsii Sacc, yang memungkinkan patogen ini menimbulkan kerusakan pada bagian daun dan polong kedelai.

Tanamanyang terserang akan menimbulkan gejala layu dan pangkal berubah warna menjadi coklat kemerahan. Pengendalian dapat menggunakan fungisida berbahan Mankozeb, Metil tioanat, Klorotalonil, dan Benomil.Baca Juga: 3 Penyakit pada Kedelai, Begini Cara Pengendaliannya
Mampu Cegah Virus, Ini Cara Mudah Budidaya Kunyit



3. Penyakit Virus Mosaik

Tanaman yang tersrang penyakit viurs mosaik akan menyebabkan biji mengecil dan jumlah biji berkurang. Pada tanaman muda, maka hasil dapat turun 50 hingga 90 persen.

Pengendalian dapat menggunakan beberapa cara, seperti penggunaan varietas tahan, mengendalikan vektornya dan mengendalikan jenis tanaman inangnya.

Video Terkait