Anti Ribet, Ini Trik Paling Mudah Tanam Daun Mint di Pekarangan Rumah

Ilustrasi Daun Mint (Freepik)

Editor: Dera - Selasa, 23 Maret 2021 | 14:00 WIB

SariAgri - Siapa yang tidak mengenal daun mint, tanaman ini pastinya sudah tidak asing didengar. Aroma mint yang dingin dan segar menjadikan daun mint sering digunakan sebagai pengharum dan pelengkap rasa.

Meski hanya sebatas daun, daun mint merupakan tumbuhan herbal yang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ia juga kerap dijadikan sebagai tanaman hias untuk eksterior maupun interior rumah, yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Cara menanam daun mint juga tergolong mudah dan bisa dilakukan siapa saja, karena dia merupakan tanaman yang cepat pertumbuhannya. Berikut cara mudah menanam daun mint di halaman rumah.

Persemaian dari benih

Cukup sebar benih mint di media tanam. Tidak perlu melubangi satu lubang satu, karena benih mint sangat kecil. Media tanam yang bisa dipakai bisa cocopeat, tanah, tisu atau juga rockwoll. Adapun yang harus diperhatikan adalah media tanam tersebut harus lembab dan juga bersabar karena penyemaian dari biji cenderung memakan waktu lebih lama dan rentan mati di tengah jalan.

Bibit dari tanaman

Selain dari benih, kamu juga bisa mendapatkan bibit mint dengan melakukan stek batang. Jangan lupa siapkan media air untuk menumbuhkan dan memunculkan akar dari stek batang yang telah dilakukan.

Pindah tanam

Bibit yang dirasa sudah cukup besar bisa dipindah ke dalam pot atau wadah yang lebih luas. Siapkan media tanam yang berisi campuran tanah, kompos, sekam bakar, cocopeat, sebagai media tanamnya. Lalu tanam daun mint yang sudah di semai seperti menanam tumbuhan lain pada umumnya.

Perawatan daun mint

Daun mint juga membutuhkan perawatan, siram dua kali sehari agar media tanam tetap lembab. Jangan lupa juga untuk meletakkan ditempat yang teduh dan hindari sinar matahari secara langsung. Jika sudah berhasil menanam daun mint, lakukan pemupukan 3 minggu sekali agar pertumbuhan lebih optimal.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Trik Paling Mudah Tanam Daun Mint di Pekarangan Rumah
Cegah Penuaan Dini, Begini Lho 5 Cara Budidaya Bayam Jepang

Panen

Ketika berumur 3-4 bulan atau saat mulai berbunga, daun mint sudah bisa dipanen. Daun mint yang basah akan cepat layu dalam 2-3 hari, jadi agar awet kamu dapat menyimpannya terlebih dahulu

Bagaimana, mudah bukan? Bagi kamu penyuka rasa segar dari daun mint, sekarang tidak perlu repot-repot lagi membelinya. Kamu bisa langsung menanamnya sendiri di rumah.

Video Terkait