Bangun Rantai Pasok Melalui Kemitraan Closed Loop Hortikultura

Ilustrasi lahan ditanami cabai (Sariagri/Yongki)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 24 Maret 2021 | 22:15 WIB

SariAgri - Sektor Pertanian merupakan satu-satunya sektor yang tumbuh positif 1,75% dengan kontribusi 13,70% terhadap PDB nasional di tahun 2020. Kontribusi ini merupakan yang terbesar kedua setelah sektor industri pengolahan (19,88%).

Sub sektor hortikultura menunjukkan pertumbuhan tertinggi yaitu 4,17% dibanding komoditas pertanian lainnya dengan kontribusi 11,84%. Sedangkan sub sektor tanaman pangan tumbuh 3,54% dan sub sektor perkebunan 1,33%.

Komoditas hortikultura masih sering menghadapi persoalan missmatch antara produksi dan pemasaran karena adanya time lag yang cukup panjang antara waktu penanaman dengan saat produk dikonsumsi sehingga petani belum dapat memenuhi keinginan pasar. Akibatnya, petani dan konsumen sering menghadapi ketidakpastian pasokan dan harga.

Untuk mengatasi ketidakpastian itu, pemerintah menyelenggarakan Program Penanaman Perdana Program Kemitraan Closed Loop Komoditas Hortikultura di Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3/2021).

“Pemerintah memastikan akan terus mendukung berbagai inisiatif sinergi dan kolaboratif seperti inklusif closed loop yang melibatkan petani, koperasi, perbankan hingga off taker diharapkan menjadi lesson-learned bagi petani hortikultura”, ujar Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian Yuli Sri Wilanti.

Program di Sukabumi ini membudidayakan cabai rawit merah sebagai komoditi utama serta buncis dan sawi putih sebagai komoditi tanaman tumpang sari pada lahan pilot project closed loop seluas 1,3 Ha.

Dikatakan Yuli, pengembangan kemitraan closed loop hortikultura untuk membangun ekosistem rantai pasok dan rantai nilai yang terintegrasi dan bersifat end to end model dari hulu hingga hilir di mana petani diajarkan budidaya sesuai good agricultural practices dengan memperhatikan pola tanam, pola panen, penanganan pasca panen hingga distribusi dan pemasaran untuk menghasilkan produk berkualitas sesuai kebutuhan pasar.

Program pengembangan kemitraan closed loop menjadi program prioritas nasional dan diharapkan menjadi success story yang dapat direplikasi di wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga: Bangun Rantai Pasok Melalui Kemitraan Closed Loop Hortikultura
Mengenal Scoville, Skala yang Mengukur Kepedasan Cabai

Kemenko Perekonomian akan mengoordinasikan melalui integrasi kebijakan serta memfokuskan upaya meningkatkan program kemitraan petani dengan skala lebih besar, lahan lebih luas dan melibatkan lebih banyak petani. Closed loop diharapkan mampu melibatkan 2 juta petani swadaya di tahun 2023.

Dalam kegiatan itu dilakukan penyerahan secara simbolis peralatan sarana dan prasarana pertanian berupa mesin cultivator, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani, cold storage, bantuan sewa gudang, bantuan distrisbusi, benih, pupuk, pestisida, dan perlindungan tanaman kepada para petani closed loop.