Aneka Jenis Sayuran Tumbuh di Lorong Gang Sempit Yogya

Kelompok warga Suryatani yang berada di RT 36 RW 12 Suryatmajan Danurejan kota Yogyakarta kini telah memiliki ratusan tanaman sayur di gang (Sariagri/Rizky)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Selasa, 6 April 2021 | 12:30 WIB

SariAgri - Kepadatan pemukiman penduduk di kota Yogyakarta, tak menghalangi warga untuk terus bercocok tanam. Meski berada di lahan yang sempit, para warga tetap berupaya menghadirkan ruang untuk dijadikan lahan pertanian perkotaan, salah satunya dengan memanfaatkan gang kampung. Di setiap sisi tepinya gang disulap menjadi tempat budidaya aneka jenis sayur-sayuran atau yang lebih dikenal dengan istilah lorong sayur.

Seperti yang dilakukan kelompok warga Suryatani yang berada di RT 36 RW 12 Suryatmajan Danurejan kota Yogyakarta yang kini telah memiliki ratusan tanaman sayur yang dibudidayakan dalam polybag maupun hidroponik di gang sempit wilayahnya setempat. 

Widadi ketua kelompok Suryatani mengungkapkan, keberadaan lorong sayur di kampungnya ini mulai dirintis sejak September 2020 lalu, yang pada awalnya hanya untuk memanfaatkan jalur gang yang sementara ini terpaksa ditutup karena adanya kebijakan pembatasan akses masuk kampung untuk pencegahan Covid-19.

"Selama pandemi, salah satu pintu akses masuk kampung ditutup total, sehingga disini tidak ada aktivitas berjalan keluar masuk, dan setelah dilakukan kesepakatan warga, jalur ini akhirnya kita jadikan lorong sayur" ungkap Widadi.

Lorong kampung menjadi sejuk dengan  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/31978/Sayuran'>sayuran</a>  (Sariagri/ Rizky)
Lorong kampung menjadi sejuk dengan sayuran (Sariagri/ Rizky)

Meski awalnya mengalami kesulitan dalam hal menyediakan berbagai bahan media tanam, namun seiring berjalannya waktu para warga secara swadaya berusaha mencari bibit dan media tanam hingga ke pelosok Imogiri Bantul. 

"Memang pertama kali kita agak ragu, pasalnya untuk mencari bahan media tanam di kota cukup sulit, namun kami secara perlahan dan gotong royong mencari bahan media tanam hingga ke Imogiri" tambahnya

Baca Juga: Aneka Jenis Sayuran Tumbuh di Lorong Gang Sempit Yogya
IZI Sumsel Rekrut Petani Milenial Untuk Dibina

Disini jenis sayur yang ditanam warga cukup banyak, diantaranya meliputi kangkung, sawi, terong, kemangi, seledri, bayam, jamur tiram, dan tak terkecuali cabai yang kini mulai banyak berbuah dan sebagian sayurannya siap panen. 

Kehadiran lorong sayur di kampung Suryatmajan ini tentunya tidak hanya meningkatkan kualitas udara bersih, namun juga sangat memberikan manfaat luar biasa bagi warga setempat untuk memenuhi kebutuhan pangan sayuran secara mandiri, sehingga kini tidak perlu repot-repot untuk membelinya di pasar.