23 Durian Unggul dari Seluruh Indonesia Ditanam di Kebun UMP Purwokerto

UMP Purwokerto memiliki sejumlah varietas durian unggulan. (Foto: Sariagri/Pen Zun)

Editor: M Kautsar - Rabu, 7 April 2021 | 19:20 WIB

SariAgri - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah menanam sekitar 23 varian jenis durian unggulan yang ada di seluruh Indonesia di Kebun Koleksi Varietas Durian Unggul UMP.

Beberapa jenis durian tersebut yakni durian matahari, bintana simemang, ripto, bondowonisalam, kalumpung sijunjung, sidodol, tawing, sijapang, dan gapu.

23 bibit durian yang ada di UMP adalah hasil kerja sama antara Fakultas Pertanian dan Perikanan UMP dengan Balitbu Tropika dalam rangka pengembangan buah durian unggul Indonesia.

“Alhamdulillah dari 23 bibit durian yang ada di UMP merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Perikanan UMP dengan Bakitbu Tropika dalam rangka pengembangan buah durian unggul Indonesia, Ini merupakan upaya pengembangan yang sangat akan terus kita lakukan," kata Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan, Sulistyani Budiningsih, Rabu (7/5).

Menurut Sulistyani, pada April ini akan ditanam beberapa bibit durian unggul asal Indonesia.

Sulistyani menjelaskan, masing-masing durian memiliki keunggulan yang tidak sama karena memiliki deskripsi yang berbeda. Semakin banyak sifat yang disukai oleh konsumen berarti durian itu semakin unggul.

"Masing-masing memiliki karakteristik yang tidak sama. Semua itu akan terkumpul di kebun koleksi UMP,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UMP, Aman Suyadi mengatakan kebun tersebut dapat digunakan oleh para mahasiswa, peneliti, dan masyarakat untuk tempat penelitian. 

Sehingga persilangan antar durian atau bisa menghasilkan durian silangan yang sangat bagus dan unggul juga bisa diperoleh dari kebun tersebut.

"Di kebun UMP inilah, kita kaan lakukan sejumlah penelitian dan percobaan persilangan antar varian durian. Diharapkan akna muncul varian-varian baru yang menambah kekayaan aneka durian di Indonesia," ujarnya.