Buah Pulm, Si Mungil yang Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan

Buah Pulm Merah (Freepik)

Editor: Dera - Kamis, 8 April 2021 | 22:30 WIB

SariAgri - Pulm adalah buah yang berasal dari pohon prunus genus yang banyak dibudidayakan di Tiongkok, Amerika dan Eropa. Maka tak heran jika buah import ini hanya ditemui di supermarket besar.

Dilansir dari organicsfacts.net, menurut USDA National Nutrient Database menjelaskan bahwa plum merah adalah sumber vitamin A, vitamin C, folat dan vitamin K terbaik. Tak hanya itu saja, buah plum juga mengandung sumber vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat buah pulm bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam plum berperan penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk efektif melawan virus dan bakteri. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian juga telah menunjukkan bahwa plum memiliki konstituen imunostimulan yang bisa mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor dan bermanfaat mencegah berbagai penyakit.

2. Mengontrol gula darah

Dilansir dari laman Healthline, pulm adalah buah kaya akan karbohidrat. Namun meski begitu, plum tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang berlebihan. Kandungan flavonoid yang ada di plum dapat memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin agar dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Itu artinya mengonsumsi buah pulm dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

3. Mencegah risiko osteoporosis

Vitamin D dan estrogen yang dimiliki buah pulm dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tulang. Buah plum juga memiliki kandungan vitamin K, kalium dan magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Oleh karena itu mengonsumsi buah plum secara rutin dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat dalam buah plum menghasilkan asam propionat yang memiiki sifat menurunkan kolesterol. Dalam penelitian hewan, asam propional terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, yaitu enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol di hati. Dalam proses ini, asam propionat dapat bantu turunkan kadar kolesterol dalam darah dengan mengikat asam empedu, lalu mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah plum merupakan sumber kalium yang baik dan berperan dalam membantu memelihara irama jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko serangan jantung dan stroke. Rutin konsumsi buah plum dapat membantu mencukupi kebutuhan harian kalium dalam tubuh.

6. Mencegah anemia

Dalam 250 gram buah plum, mengandung 0,81 mg zat besi. Zat besi sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Artinya jika kebutuhan zat besi terpenuhi, maka tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah yang bisa mengakibatkan penyakit anemia.

7. Menyehatkan sistem saraf

Buah plum mengandung vitamin B6 yang dapat membantu transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran kerja sistem saraf. Mereka juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Asam amino tryptophan yang terkandung di dalamnya dapat membantu produksi neurotransmitter serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi.

8. Mengatasi sembelit dan menurunkan berat badan

Buah pulm mengandung serat tinggi yang mampu mengatasi sembelit, sehingga sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lancar. Kandungan serat, vitamin C dan vitamin A dari buah pulm sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang menjalani proses diet untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Buah Pulm, Si Mungil yang Punya Segudang Manfaat bagi Kesehatan
Manfaat Dahsyat Buah Aprikot, Menyehatkan Mata Hingga Jantung

9. Menjaga kesehatan mata

Dilansir dari laman Healthline, buah plum mengandung vitamin A atau beta karotan yang dibutuhkan oleh mata dalam mencegah berbagai macam kerusakan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya buah plum dikonsumsi secara rutin dan teratur.

10. Menjaga kulit sehat dan awet muda

Buah pulm juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya bisa menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan awet muda. Rutin mengonsumsi buah plum juga dapat mengurangi flek hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti penuaan. Saat ini esktrak buah plum juga sudah banyak digunakan sebagai campuran berbagai produk perawatan kulit, seperti cuci muka dan juga masker wajah.