Antisipasi dan Cara Menangani Serangan Hama Agas Jamur Pada Tanaman

Ilustrasi Hama Agas Jamur (Pixabay)

Editor: Reza P - Jumat, 9 April 2021 | 12:30 WIB

SariAgri - Hama selalu jadi biang kerok rusaknya tanaman kita. Tidak ada merusak tanaman saja, hama juga bisa membuat lingkungan menjadi tidak nyaman.

Serangan hama memang buat pusing jika tidak segera diselesaikan. Karena bisa saja hama justru semakin berkembang dan memberi efek buruk terhadap kesehatan.

Salah satu hama yang umum menyerang tanaman adalah agas jamur. Hama ini biasanya muncul akibat penyiraman yang berlebihan. 

Melansir dari Modern Farmer, proses dari serangan hama ini adalah bermula dari lalat kecil yang berkembang biak di tanah yang lembab dan memakan akar selama tahap menjadi larva. Setelah menetas, hama akan terbang keluar dari pot saat tanaman disiram. 

Baca Juga: Antisipasi dan Cara Menangani Serangan Hama Agas Jamur Pada Tanaman
Tips Tangkal Serangan Hama Lalat Putih Pada Tanaman

Cara menyingkirkannya adalah dengan membiarkan tanah benar-benar kering dan hentikan penyiraman berlebihan. Sobat Agri juga dapat menggunakan perangkap lalat lengket atau agas untuk menarik perhatian agas dewasa. 

Untuk merawat tanah, encerkan 3% hidrogen peroksida (1 bagian peroksida ditambah empat bagian air) dan sirami tanah dengan campurannya. Sobat Agri juga bisa menyemprotkan minyak neem yang diencerkan pada dedaunan untuk mencegah agas dewasa.