Tips Mengolah Timun Suri Jadi Penyegar Buka Puasa

Seorang penjual timun suri di Depok, Jawa Barat (Foto: Instagram/@infodepok_id)

Penulis: M Kautsar, Editor: Reza P - Senin, 12 April 2021 | 16:40 WIB

SariAgri - Timun suri banyak jadi primadona dalam menu buka puasa. Tekstur buah timun suri yang mengandung banyak air dan serat melimpah, dipercaya bisa menjadi bagian untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Timun suri bisa dipadupadankan dengan lemon dan sirup. Diberi tambahan es, minuman berbahan timun suri mampu mengobati dahaga setelah seharian berpuasa.

Nah, Sari Agri memberikan tips dan cara menyajikan minuman buah timun suri yang tepat untuk berbuka puasa,

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memilih buah timun suri. Pilih timun suri yang masih segar dan tidak lembek. Pastikan pula kematangan buah timun suri.

Kedua, buang biji timun suri yang sudah dibeli. Kupas timun suri dan ambil dagingnya. Sobat Agri tidak perlu memasaknya lagi daging dari timun suri.

Seperti diketahui, timun suri merupakan anggota labu-labuan yang masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah ini memiliki nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, C, kalium, potasium, dan magnesium.

Menurut Journal of Young Pharmacists, timun suri mampu membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal ini kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi manusia.

Selain itu, timun suri juga disebut dapat menjadi penghambat pertumbuhan sel kanker dan tumur. Kondisi ini muncul karena kandungan saponin dalam timun suri dapat menghalangi jalur sinyal munculnya timun suri dan kerusakan metabolisme tubuh.

Video Terkait